3 Tips Jitu Kembangkan Potensi Diri pada Bidang Disukai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 15 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Jitu Kembangkan Potensi Diri pada Bidang Disukai
Potensi diri dapat berkembang melalui usaha, kerja keras, belajar, atau bakat alami yang dimiliki sejak lahir namun belum dilatih. Foto: google.com

" Potensi diri menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Sebab itu bisa membantu untuk meraih impian "

KENDARI, TELISIK.ID - Potensi diri menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Sebab itu bisa membantu untuk meraih impian.

Melansir detik.com yang mengutip dari buku Pengembangan Jati Diri oleh Wayan Kantun, potensi merupakan kemampuan yang ada dalam diri manusia, namun belum dikelola, ditemukan, digali, dan dikembangkan lebih jauh.

Potensi diri dapat berkembang melalui usaha, kerja keras, belajar, atau bakat alami yang dimiliki sejak lahir namun belum dilatih.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Berpikir Cepat agar Tidak Menunda Pekerjaan

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan di bidang yang disukai:

1. Mencari Tahu Bidang yang Kamu Suka

Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah mencari tahu apa bidang yang kamu suka, karena tidak semua orang bisa memahami dirinya sendiri.

Memang ini tidak berlangsung instan, kamu perlu waktu untuk bisa menemukan sesuatu yang kamu sukai. Setelah itu, kamu bisa memaksimalkannya dengan baik secara perlahan.

Menguasai satu bidang hingga tuntas akan membuahkan hasil yang memuaskan, kamu akan disebut ahli di bidang tersebut.

Jadi, jangan berhenti belajar sampai kamu menguasai sepenuhnya bidang tersebut. Jangan jadi orang yang cepat puas ketika menguasai satu atau dua materi saja, pelajari hal lain yang berkaitan dengan bidang yang kamu ingin kuasai.

2. Bertanya pada Orang yang Sudah Berpengalaman

Jika kamu ingin mengembangkan potensi yang kamu punya, kamu memang bisa belajar sendiri namun itu tidak akan maksimal.

Kamu butuh bantuan dari orang-orang berpengalaman agar kemampuanmu bisa semakin meningkat, datang dan bertanya kepada orang-orang yang sudah lama bekerja atau berkecimpung di bidang itu.

Dengan begitu kamu akan mendapat wawasan dan banyak ilmu baru yang nantinya bisa kamu terapkan, memang belajar otodidak merupakan opsi yang bagus. Namun, belajar dengan seorang guru akan membuat kamu semakin pintar dan bisa menguasai lebih banyak.

Baca Juga: 5 Tips Stimulasi Oromotor Pada Bayi

3. Berani Mencoba Hal-Hal Baru

Jika kamu sudah menguasai bidang yang kamu ingin pelajari, maka kamu harus berani untuk mencoba hal-hal baru yang berkaitan dengan bidang yang kamu kuasai. Tujuannya agar kemampuanmu bisa terlihat apakah kamu sudah maksimal dalam menguasainya atau masih butuh belajar lagi.

Menguasai suatu bidang tentu tidak akan cukup dengan sering latihan, namun kamu juga harus berani mencoba menyelesaikan masalah-masalah yang ada dari bidang tersebut.

Dengan begitu, kamu akan semakin berpengalaman, dari situlah kamu akan berkembang dan jadi lebih baik lagi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengembangkan potensi diri kita. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga