3.000 Pasukan TNI Bakal Amankan Pemilu 2024

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
3.000 Pasukan TNI Bakal Amankan Pemilu 2024
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke-78. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Pada Pemilu 2024, tidak boleh ada prajurit yang memihak atau terlibat politik praktis "

KENDARI, TELISIK.ID - Agenda besar nasional Pemilu 2024 membuat semua pihak bersiap, termasuk TNI dalam mengamankan dan mencegah perpecahan akibat perang politik di masyarakat.

Hal itu disampaikan Komandan Korem Halu Oleo/143, Brigjen TNI Ayub Akbar saat perayaan hari jadi TNI ke-78 di lapangan Eks MTQ, Kendari. Ia menyatakan TNI dari darat, laut maupun udara siapkan 3.000 pasukan untuk pengamanan Pemilu di Sulawesi Tenggara.

Ayub juga menegaskan, tidak boleh ada prajurit yang memihak atau terlibat politik praktis. Hal tersebut selalu diawasi setiap komandan TNI. Apabila terdapat prajurit yang terlibat politik praktis, bakal disanksi sesuai ketentuan hukum militer.

Sementara itu prosesi upacara HUT TNI ke-78 di lapangan Eks MTQ berlangsung meriah dipadati puluhan pasukan dari berbagai instansi. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto juga hadir dan menjadi inspektur upacara.

Baca Juga: Antisipasi Konflik dan Deteksi Dini Kerawanan Pemilu, Polda Sulawesi Tenggara Gelar Rakor Mantap Brata

Baca Juga: Puluhan Komunitas di Kendari Berantas Hoaks Jelang Pemilu

Andap pada kesempatan itu memberi penghargaan kepada para prajurit TNI yang berprestasi di berbagai bidang pada kancah Internasional.

Di akhir upacara, suasana semakin meriah dengan bertepuk tangan sambil bernyanyi bersama. Danrem dan Pj Gubernur juga ikut diarak di atas para pasukan TNI yang hadir upacara saat itu.

Andap mengucapkan selamat kepada para prajurit TNI. Ia berharap TNI dapat bersinergi untuk mengamankan Pemilu 2024 mendatang. Ia menginstruksikan seluruh masyarakat agar tidak terpecah satu sama lain. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga