3.525 Honorer di Jawa Timur Terima SK Pengangkatan PPPK

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 22 Agustus 2023
0 dilihat
3.525 Honorer di Jawa Timur Terima SK Pengangkatan PPPK
Sebanyak 3.525 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemprov Jawa Timur menerima SK Gubernur Jawa Timur

" Sebanyak 3.525 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemprov Jawa Timur menerima SK Gubernur Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 3.525 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemprov Jawa Timur menerima SK Gubernur Jawa Timur. Penyerahan SK diberikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada perwakilan para PPPK.

"Sekali lagi saya tekankan, sinergi dan kolaborasi. Mudah-mudahan tambahan 3.525 PPPK ini menambah penguatan di semua sektor terutama pendidikan dan kesehatan yang mendapat formasi cukup besar," kata Khofifah Indar Parawansa, Selasa (22/8/2023).

Menurut mantan Mensos ini, di tengah era disrupsi ini, masalah pemerintahan terjadi di lintas sektor dan lintas disiplin. Sehingga saat ini bukan waktu yang tepat untuk menguatkan sinergi dan kolaborasi.

"Tidak ada lagi ego sektoral, ego dinas, ego ilmu maupun kepakaran. Semua harus siap bersinergi dan berkolaborasi," tegasnya. Khofifah menambahkan, kapasitas kompetensi serta kemampuan ASN dalam beradaptasi menjadi sangat penting. Sebab, masalah tidak dapat diselesaikan dengan satu dinas, satu profesi dan satu sektor melainkan kolaborasi multi sektor.

Sementara itu, dijelaskan Khofifah, jumlah formasi rekrutmen PPPK tahun 2022 yang dibutuhkan sebanyak 3.811 orang. Rinciannya terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 919 formasi, tenaga pendidikan 2.450 formasi dan tenaga teknis 442 formasi.

Baca Juga: Ini Jurusan Paling Prioritas CPNS dan PPPK 2023

"Dari kebutuhan formasi tersebut, kata Khofifah, yang terisi 3.525 orang dengan rincian 857 tenaga kesehatan, 260 tenaga teknis, dan 2.408 tenaga pendidik. Dengan demikian, formasi yang belum terisi sejumlah 286 orang," tandas Ketum Muslimat NU ini.

Sementara itu, Novita (36) salah satu penerima SK PPPK asal Probolinggo menyampaikan perasaan bahagia lantaran telah menunggu momen ini selama hampir 2 tahun setelah lolos CAT di tahun 2021. Ia bersyukur akhirnya menerima SK PPPK dari Gubernur Khofifah setelah 11 tahun mengabdi di SMK Negeri 1 Gending Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Ratusan Guru di Konawe Terima SK Pengangkatan PPPK

"Terima kasih banyak Ibu Gubernur, sudah memberi kesempatan istimewa ini kepada kami. Semoga Provinsi Jawa Timur semakin jaya," kata Novita.

Hal senada disampaikan Rio Sabri Nauval Samudra (42). Ia mengaku bersyukur dan bangga menerima SK PPPK yang selama ini diidam-idamkan sebagian besar pegawai honorer. Sebelumnya ia bekerja di Dinas Sosial Jatim sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) selama 14 tahun.

"Sangat senang sekali, mudah-mudahan ini menjadi pijakan awal untuk lebih baik berkarya di dunia pemerintahan melayani masyarakat. Semoga ke depan akan ada penyetaraan tunjangan PPPK dengan PNS, sehingga kesejahteraan pegawai semakin merata," ungkapnya. (A)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga