Terabaikan, Tomas Bersama Kasek Komit Majukan Kembali SMAN 4 Raha

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
Terabaikan, Tomas Bersama Kasek Komit Majukan Kembali SMAN 4 Raha
Kasek SMAN 4 Raha, La Deta bersama anggota DPRD Muna, Mohamad Ikhsanuddin dan tomas saat rapat komite. Foto: Sunaryo/Telisik

" SMAN 4 Raha dahulu merupakan sekolah favorit yang ada di Bumi Sowite. Sekolah yang dikenal dengan nama SMA Khusus sengaja dibangun oleh mantan Bupati Muna, Ridwan Bae untuk menampung pelajar-pelajar berprestasi "

MUNA, TELISIK.ID - SMAN 4 Raha dahulu merupakan sekolah favorit yang ada di Bumi Sowite. Sekolah yang dikenal dengan nama SMA Khusus sengaja dibangun oleh mantan Bupati Muna, Ridwan Bae untuk menampung pelajar-pelajar berprestasi.

Namun, seiring berjalannya waktu, sekolah yang terletak di Motewe, Kecamatan Lasalepa itu mulai terbaikan, jumlah pelajar terus berkurang. Begitu juga dengan bangunan-bangunan yang dulu berdiri megah, mulai rusak.

Pihak sekolah pun mulai bergerak cepat mencari dukungan tokoh-tokoh masyarakat (tomas) di tujuh desa di Kecamatan Lasalepa untuk memajukan kembali sekolah itu. Mereka pun sepakat menjadikan sekolah itu sebagai sekolah favorit.

Baca Juga: Satu Partai, Ayah dan Anak di Muna Nyaleg Dapil Berbeda

Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 4 Raha, La Deta meminta pada seluruh lapisan masyarakat untuk membuat program, sehingga nantinya bisa menjadikan sekolah sebagai ikon pendidikan yang maju dan bermutu, serta diminati peserta didik, khususnya yang berada di Kecamatan Lasalepa.

"Mulai saat ini, kita komitmen memajukan kembali SMA 4 Raha," kata La Deta, Minggu (28/5/2023).

Ia mangaku, sejak dibangun 20 tahun silam, ruang kelas belajar (RKB) yang ada di sekolahnya belum pernah direhabilitasi. Karenanya, ia telah membuat proposal untuk diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Proposalnya sudah ada dan sudah diteken oleh tim penilia kerusakan sekolah, Kadis PU Sulawesi Tenggara dan Kadis Dikbud," terangnya.

Ia juga berharap para orang tua agar mendaftarkan anak-anaknya di SMAN 4. Katanya, sekolahnya tak kalah dengan sekolah-sekolah lainnya. Selain telah terakreditasi A, empat orang gurunya merupakan fasilitator tingkat nasional.

Baca Juga: Banting Stir Tanam Cabai, Petani di Muna Malah Merugi

"Tinggal kita benahi metode pengajaran dan fasilitas belajar mengajar," timpalnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Muna, Mohamad Iksanuddin Makmun mengapresiasi langkah yang dilakukan kasek dalam menghidupkan kembali sekolahnya. Ke depan, sebagai representasi masyarakat daerah pemilihan (Dapil) II, politisi Gerindra itu akan mensuport lewat APBD untuk peningkatan jalan menuju sekolah, sehingga peserta didik bisa nyaman.

"Kita akan usulkan di pemkab, agar jalan menuju sekolah diaspal," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga