4 Cara Atasi Polusi Udara Biar Tak Seperti Jakarta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
4 Cara Atasi Polusi Udara Biar Tak Seperti Jakarta
Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat dan terbebas dari partikel-partikel padat seperti debu dan polusi. Foto: Detik.com

" Udara adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan "

KENDARI, TELISIK.ID - Udara adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat dan terbebas dari partikel-partikel padat seperti debu dan polusi. Tetapi sekarang ini rasanya sudah sulit merasakan udara yang bersih, terutama jika Anda tinggal di perkotaan.

Berikut cara mengatasi pencemaran udara

Pencemaran udara bukanlah masalah yang mudah untuk diatasi. Namun, Anda bisa berkontribusi dalam mengatasi pencemaran udara dengan cara berikut:

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Noda Keringat di Kasur

1. Kurangi penggunaan bahan yang sulit terurai

Melansir Detik.com, cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengurangi pembelian produk fast fashion, membawa kantong belanja sendiri, membawa tempat makan dan minum sendiri, serta kurangi penggunaan sedotan plastik atau kayu

2. Kendaraan ramah lingkungan

Asap knalpot kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab terbesar polusi udara. Apalagi di kota-kota besar yang dipadati kendaraan setiap hari. Maka dari itu, dianjurkan untuk memilih kendaran yang ramah lingkungan dengan bahan bakar listrik atau tenaga surya. Bila perlu, Anda bisa menggunakan sepeda.

3. Hindari membakar sampah

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membakar sampah dapat mengurangi masalah timbunan sampah. Padahal, kebiasaan buruk ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Asap hasil pembakaran sampah berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat-zat beracun seperti dilansir dari Alodokter.com.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 8 Tips Lulus CPNS 2023

4. Pelihara lebih banyak tanaman

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengurangi polusi dengan memperbanyak tanaman di dalam rumah atau berkebun di sekitar rumah. Tanaman akan melepaskan oksigen dan menarik karbon dioksida dari udara, sehingga udara di dalam rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih segar.

Anda dapat mencoba menanam beberapa jenis tanaman hias yang diketahui mampu mengurangi polusi udara, seperti lidah mertua, karet kebo, palem bambu, dan spider plant. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga