Jangan Terlewat, Ini 8 Tips Lulus CPNS 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Jangan Terlewat, Ini 8 Tips Lulus CPNS 2023
Untuk bisa lulus seleksi CPNS, memerlukan strategi yang tepat dan cukup matang. Karena jika salah langkah sejak awal, pasti tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Foto: Repro Kominfo.go.id

" Persiapkan diri menghadapi tes CPNS dengan meluangkan waktu belajar secara intensif untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, dan membaca berbagai materi "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk bisa lulus CPNS memerlukan strategi yang tepat dan cukup matang. Karena jika salah langkah sejak awal, pasti tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Padahal penerimaan CPNS tidak setiap tahun dibuka, jadi apabila gagal maka akan rugi banyak, sebab belum tentu tahun depan ada pembukaan CPNS karena tebentur moratorium.

Berikut tips lolos CPNS 2023 dikutip dari Kitalulus.com:

1. Rencanakan jadwal belajarmu

Tips lolos CPNS yang pertama adalah merencanakan jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian SKD. Luangkanlah waktu belajar secara intensif untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, dan membaca berbagai materi. 

2. Rajin latihan soal-soal tes

Seperti kata pepatah “practice makes perfect”. Nah begitu juga saat kamu ingin lolos seleksi CPNS tahun ini. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal tes untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Baca Juga: Intip Susunan Lengkap Jadwal Seleksi dan Formasi CPNS 2023

Seperti yang kita tahu, di CPNS kamu akan dua kali melalui tes, pertama tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

3. Mengenali dan mempelajari kisi-kisi dan materi CPNS

Jangan sampai kamu mengabaikan hal yang satu ini. Cobalah untuk mencari tahu seperti apa kisi-kisi dan materi CPNS di tahun lalu. 

Kamu bisa menemukan kisi-kisi tersebut dalam buku atau juga aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

4. Selalu update informasi mengenai CPNS

Hal penting berikutnya adalah pastikan kamu selalu mengikuti informasi terbaru mengenai CPNS. Sebab, bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan maupun tanggal. Atau juga bisa jadi BKN memberikan kisi-kisi mengenai tes seleksi. 

5. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Mengingat kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak, tips lolos CPNS 2023 ini tak boleh kamu lewatkan. Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap.

Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

6. Pilih formasi yang sepi peminat

Dilansir dari Pendaftaran.net, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mengecek formasi yang dibuka, selanjutnya pilih formasi yang sepi pendaftar, biasanya tempat/daerah jauh dari tempat keramaian atau terpencil, kita bisa brosing terlebih dahulu sebelum memilih lokasi.

Hindari memilih tempat ramai seperti perkotaan, dekat perkantoran atau kecamatan. Intinya daerah yang terpencil biasanya tidak memiliki pendaftar.

Jika dalam formasi yang kita ikuti hanya ada kita sendiri, maka dipastikan nilai cukup saja sudah bisa lolos di SKD dan kita bisa mengejar nilai di SKB nantinya.

7. Saat mengerjakan fokus pada jawaban

Dalam mengerjakan soal-soal SKD memang terkadang kita lupa fokus pada jawaban sehingga terjebak dalam soal yang membuat kita menghabiskan banyak waktu, tantangan terbesar dalam tes CPNS adalah waktu, bukan hanya betul dan salah.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Intip Formasi CPNS dan PPPK September 2023

Usahakan Anda langsung membaca soal kemudian memilih jawaban, baru jika dibutuhkan baru cari jawaban di dalam sebuah soal yang panjang.

8. Tinggalkan soal yang dianggap sulit

Anda harus segera meninggalkan soal yang sulit karena soal-soal sulit di tes CPNS akan terasa menjebak membuat kita percaya diri tau soalnya padahal menyita banyak waktu.

Apabila dalam waktu 30 detik tidak ketemu jawaban, segera tinggalkan dan lanjut dengan soal lainnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga