5 Tips Ampuh Atasi Kulit Kering saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Ampuh Atasi Kulit Kering saat Puasa
Kulit kering menjadi salah satu masalah yang dialami seseorang saat berpuasa. Foto: Repro Freepik/dwiputras

" Jika kulit kering ini dialami saat berpuasa, maka akan mengganggu penampilan selama berpuasa. Maka penting untuk mengetahui apa saja yang mesti dilakukan untuk mengatasi kulit kering "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dialami saat berpuasa adalah kulit kering. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasi kulit kering agar penampilan tetap optimal meski sedang berpuasa.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, kulit kering merupakan kondisi ketika permukaan kulit terasa kasar, pecah-pecah, dan mudah mengelupas. Kondisi ini bisa terjadi pada kulit wajah, tangan, maupun kaki.

Jika kulit kering ini dialami saat berpuasa, maka akan mengganggu penampilan selama berpuasa. Maka penting untuk mengetahui apa saja yang mesti dilakukan untuk mengatasi kulit kering.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering saat berpuasa:

1. Batasi waktu mandi

Hindari mandi dengan air hangat dan batasi waktu mandi. Mandi yang terlalu lama atau berendam dan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Batasi mandi tidak lebih dari sekali sehari dan tidak lebih dari 5-10 menit. 

Saat mandi, disarankan untuk menggunakan body wash yang lembut dan bebas pewangi. Hindari penggunaan terlalu banyak, apalagi sampai busanya melimpah. 

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Anak Semangat Jalani Puasa Pertama

Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk yang lembut untuk menghindari goresan pada kulit badan. 

2. Mencuci wajah

Sebaiknya lakukan dua kali sehari mencuci wajah. Selain lakukan cuci wajah dengan lembut, juga gunakan sabun yang lembut, bebas alkohol, dan tidak berbusa dua kali sehari atau setelah berkeringat.

Produk dengan asam stearat atau asam linoleat dapat membantu memperbaiki kulit. Saat membeli produk sabun muka, sebaiknya pilih sabun yang terdapat kandungan asam stearat atau asam linoleat. 

3. Gunakan pelembap udara

Udara dalam ruangan yang panas dapat mengeringkan kulit sensitif dan memperburuk rasa gatal dan mengelupas. Kamu bisa menggunakan humidifier atau merebus air hangat untuk menambah kelembapan. 

Jika kamu harus bekerja di ruangan ber-AC, humidifier adalah benda yang harus dimiliki sebelum mulai bekerja. Dengan demikian, kulit akan tetap lembap sepanjang hari. 

4. Gunakan pelembap untuk atasi kulit kering

Oleskan pelembap setelah mencuci wajah. Gunakan pelembap beberapa kali sehari, terutama ketika kulit terasa kering. Pilih pelembap dengan kandungan urea, ceramide, asam lemak dan gliserol, shea butter, dan cocoa butter.

Pastikan pula produk yang kamu pakai bebas pewangi dan tidak menyebabkan jerawat (non–comedogenic). Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate, yang bersifat mengeringkan.

Baca Juga: 5 Tips Penuhi Asupan Nutrisi Anak saat Puasa

Menambahkan rangkaian skincare lain untuk mengunci kelembapan di kulitmu juga diperlukan. Apalagi, kalau kulit sedang kering parah hingga bersisik.

5. Hindari alergen dan iritan

Kulit yang kering bisa semakin parah karena alergen dan iritan. Dua hal ini ternyata bisa berasal dari pakaian yang kamu kenakan atau apa yang membuat pori-pori kulit terbuka.

Misalnya, mengenakan pakaian berbahan wol, berenang dalam air yang mengandung klorin dan lainnya bisa menyebabkan kulit tambah kering. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga