Deretan Alokasi Keuangan jika Ingin Lindungi Keluarga Jangka Panjang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Deretan Alokasi Keuangan jika Ingin Lindungi Keluarga Jangka Panjang
Perlu mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Oleh karena itu, perencanaan keuangan yang baik wajib dipersiapkan dari sekarang sebagai langkah antisipasi. Foto: Kompas.com

" Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan, arena mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah "

KENDARI, TELISIK.ID - Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan, arena mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah.

Perlu mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Oleh karena itu, perencanaan keuangan yang baik wajib dipersiapkan dari sekarang sebagai langkah antisipasi.

Terdapat empat alokasi wajib yang perlu dipersiapkan dalam perencanaan keuangan di antaranya:

1. Dana darurat

Mengutip Kompascom, dana darurat adalah alokasi keuangan yang digunakan untuk keperluan tidak terduga atau mendesak. Dengan mempersiapkan dana darurat, Anda tidak perlu memakai tabungan, apalagi sampai berutang.

Baca Juga: Pencari Kerja, Ini Skill yang Diminati HRD jika Ingin Diterima

Contohnya, perbaikan rumah atau cadangan finansial sementara kala kehilangan pekerjaan. Dana darurat yang disiapkan harus cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama tiga hingga enam bulan. Karena itu, Anda perlu menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk alokasi keuangan ini.

Selain itu, Anda juga perlu menempatkan dana darurat di instrumen yang likuid dan aman, seperti rekening tabungan atau reksa dana pasar uang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda pun bisa segera menarik dana tersebut.

2. Jaga rasio hutang

Untuk mengatur keuangan rumah tangga, yang paling baik sebenarnya adalah menghindari hutang. Sebab, tagihan dan kewajiban membayar hutang bisa menjadi beban yang membuat keuangan rumah tangga terganggu. Namun, ada sejumlah faktor yang mau tidak mau membuat Anda berhutang.

Sebagai saran, bila terpaksa berhutang, dipergunakan untuk hal-hal yang merupakan kebutuhan pokok namun tidak dapat dipenuhi dalam waktu dekat. Contoh, cicilan rumah. Di luar itu, sebaiknya hindari untuk berhutang.

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Hadapi El Nino di Indonesia

3. Alokasikan untuk tabungan, asuransi dan investasi

Selain mengalokasikan penghasilan untuk dana cadangan atau darurat, Anda juga perlu mengalokasikan penghasilan untuk keperluan di luar kebutuhan rutin. Antara lain pengeluaran untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Ketiganya termasuk dalam cara mengatur keuangan yang baik seperti dilansir dari Cimbniaga.co.id

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Cara mengatur keuangan rumah yang pertama adalah memahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Ketika Anda sudah berumah tangga, sudah pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Contohnya kebutuhan untuk keperluan sehari-hari seperti makan hingga alokasi pendidikan apabila Anda sudah memiliki buah hati. Namun, pada praktiknya, keuangan rumah tangga tidak hanya digunakan untuk kebutuhan yang bersifat wajib melainkan juga digunakan untuk belanja yang berdasar dari keinginan semata. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga