4 Fakta Universitas di Inggris Buka Jurusan Ilmu Ghaib dan Sihir

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 15 Oktober 2023
0 dilihat
4 Fakta Universitas di Inggris Buka Jurusan Ilmu Ghaib dan Sihir
University of Exeter di Inggris baru saja meluncurkan program studi 'sihir' dan ilmu gaib. Program ini akan apda September 2024 mendatang. Foto: Bisnis.com

" University of Exeter di Inggris belum lama ini meluncurkan program studi sihir dan ilmu gaib. Program ini akan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengeksplorasi sejarah dan pengaruh sihir terhadap masyarakat dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia "

LONDON, TELISIK.ID - University of Exeter di Inggris belum lama ini meluncurkan program studi sihir dan ilmu gaib. Program ini akan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengeksplorasi sejarah dan pengaruh sihir terhadap masyarakat dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia.

Dikutip dari Bisnis.com, program ini berbasis di Institut Studi Arab dan Islam di universitas dan merupakan satu-satunya program pasca sarjana dari jenisnya di Inggris.

1. Lonjakan minat mahasiswa terhadap prodi sihir

Profesor Emily Selove, yang memimpin program ini, menyebutkan bahwa program MA ini dikembangkan karena adanya lonjakan minat terhadap ilmu sihir baru-baru ini.

Baca Juga: Negara dengan Budaya Seks Paling Bebas di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Selove menambahkan, mata kuliah ini akan memungkinkan para mahasiswa untuk memeriksa kembali asumsi mereka bahwa Barat itu rasional dan ilmiah, sementara bagian dunia lainnya adalah takhayul dan mistis.

2. Miliki pusat sihir dan esoterisma

University of Exeter juga memiliki pusat sihir dan esoterisme yang akan mengadakan pertemuan bulanan dan field trip untuk mahasiswa di program ini.

Untuk tugas akhir, mahasiswa akan melakukan penelitian menggunakan bahan arsip universitas yang mencakup sumber ritus dan ritual, makna kepercayaan, ilmu sihir dan cerita rakyat Westcountry, serta sumber-sumber kuno dan Arab.

"Museum Bioskop Bill Douglas juga memiliki banyak koleksi buku, ephemera dan artefak tentang sejarah lentera ajaib, phantasmagoria, ilusi optik, fotografi, pertunjukan sulap dan aula musik Victoria, dengan banyak item yang berkaitan dengan pemanggilan arwah dan aktivitas okultisme Victoria," ungkapnya dikutip dari Cnbcindonesia.com.

3. Prodi yang ahli dari berbagai bidang

Satu hal yang unik dari program ini adalah program ini menyatukan para ahli dari berbagai bidang seperti sejarah, sastra, filsafat, arkeologi, sosiologi, psikologi, drama, dan agama untuk mengajarkan subjek tersebut.

Ini adalah satu-satunya program sejenis di Inggris yang menggabungkan studi ilmu sihir dengan berbagai mata pelajaran lainnya.

Baca Juga: Sempat Memanas, Ini Awal Konflik Israel Vs Palestina

Untuk mempelajari program baru yang menarik ini, mahasiswa harus memiliki minimal gelar Honours 2:1 (atau setara dengan gelar internasional) dalam disiplin ilmu sosial atau humaniora.

4. Dibuka September 2024

Sebagai informasi, kelas pertama untuk program ini dijadwalkan akan dimulai pada September 2024. Sedangkan durasi waktu program ini adalah satu tahun untuk kuliah penuh waktu dan dua tahun untuk pilihan paruh waktu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga