4 Ribu Pelaku UMKM di Konawe Ajukan Proposal Bantuan Usaha

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Jumat, 06 November 2020
0 dilihat
4 Ribu Pelaku UMKM di Konawe Ajukan Proposal Bantuan Usaha
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Foto: Muh. Surya Putra

" Iya betul, ada bantuan dari Kementerian Koperasi untuk pelaku UMKM, dan kami ditugaskan untuk mengumpulkan proposal untuk kemudian diinput. Tapi yang verifikasi itu pusat. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 sudah mewabah kurang lebih delapan bulan lamanya. Akibatnya, berdampak pada sektor ekonomi, khususnya terhadap pelaku usaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bukan hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi dampak ekonomi juga dirasakan hingga ke kabupaten, tanpa terkecuali di Kabupaten Konawe merasakan hal tersebut.

Untuk meringankan beban pelaku UMKM ini, Pemerintah pun memberikan bantuan yang salah satunya adalah program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahun 2020.

Kapala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Konawe, Jahiudin mengatakan, Pemda membuka kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengajukan proposal atau berkas calon peserta BPUM tahun 2020.

Bantuan stimulan sebesar Rp 2.400.000 tersebut telah dibuka untuk diajukan proposal ke pemerintah pusat sejak bulan September hingga November 2020.

Baca juga: Anak Muda di Buteng Promosikan Destinasi Wisata Lewat Film

"Iya betul, ada bantuan dari Kementerian Koperasi untuk pelaku UMKM, dan kami ditugaskan untuk mengumpulkan proposal untuk kemudian diinput. Tapi yang verifikasi itu pusat," pungkasnya.

Sejak dibuka awal September 2020 lalu, sampai saat ini sudah hampir 4.000-an proposal mereka terima dan diinput untuk kemudian diverifikasi tim pusat dalam hal ini Kementerian Koperasi.

Sementara itu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kalau untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pihaknya belum menganggarkan bagi pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi untuk memberikan bantuan modal usaha.

"Kalau dari APBN itu ada, tapi kalau APBD itu belum ada. Kita lihat aja nanti," pungkasnya, Jumat (06/11/2020). (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga