4 Tanda Pernikahan Harus Berakhir Cerai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 Desember 2022
0 dilihat
4 Tanda Pernikahan Harus Berakhir Cerai
Perceraian merupakan berakhirnya suatu pernikahan dan terputusnya keluarga. Foto: Repro haibunda.com

" Perceraian merupakan berakhirnya suatu pernikahan dan terputusnya keluarga karena salah satu atau kedua pasangan memutuskan untuk saling meninggalkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hubungan rumah tangga tidak selamanya mulus. Seringkali pasangan suami istri ada masalah, bahkan kadang harus mengambil keputusan cerai.

Dikutip dari uma.ac.id, perceraian merupakan berakhirnya suatu pernikahan dan terputusnya keluarga karena salah satu atau kedua pasangan memutuskan untuk saling meninggalkan.

Dengan keputusan tersebut, mereka berhenti melakukan kewajibannya sebagai suami istri.

Perceraian tidak terjadi begitu saja, tapi ada beberapa penyebab sehingga keputusan berat tersebut harus diambil.

Melansir yoursay.id dari Prevention, berikut beberapa tanda pernikahan harus berakhir pada perceraian:

1. Pecandu

Pasangan yang memiliki kecanduan terhadap narkoba, judi, alkohol adalah alasan serius yang menjadikan Anda tidak bisa mempertahankan sebuah hubungan pernikahan.

Baca Juga: Ini 3 Penyebab Artis Karbitan Cepat Dilupakan Publik

Terlebih lagi jika Anda sudah mencoba untuk membantu pasangan keluar dari zona kecanduan tersebut namun pasangan Anda kerap menolaknya.

Hal itu sudah mengindikasikan bahwa pernikahan Anda sudah tidak sehat lagi.

2. Perselingkuhan

Seorang pakar kesehatan mental di Arizona dalam Prevention mengatakan "Jika pasangan berselingkuh, namun pasangan Anda bersedia melalui langkah-langkah membangun kembali kepercayaan, maka masih ada harapan.” 

Tetapi jika pasangan kerap kembali pada selingkuhan dan kedapatan tetap menjalin ikatan, sudah waktunya Anda memutuskan bercerai, karena itu berarti pasangan Anda sudah melanggar komitmen dan tidak bisa dipercaya kembali.

3. Penuh dengan Kekerasan

Kekerasan fisik, seksual, emosional adalah bentuk-bentuk kekerasan yang tidak bisa ditolerir dalam pernikahan, justru mempertahankan pernikahan sebenarnya membuat Anda lebih berisiko.

Perceraian menjadi langkah terbaik demi kesehatan mental Anda dan anak Anda.

4. Tidak lagi saling percaya

Kepercayaan adalah kunci dalam sebuah hubungan, jika sepasang suami istri sudah tidak lagi menaruh kepercayaan dan saling curiga satu sama lain, ini merupakan red flag bagi sebuah hubungan yang harus diperbaiki. 

Baca Juga: 45 Ide Bio Instagram Estetik Pakai Font Unik

Ada baiknya terlebih dahulu lakukan pembicaraan dua arah dengan pasangan mengenai kondisi tersebut, jika pasangan masih ingin membangun kepercayaan satu sama lain, maka pernikahan masih bisa diselamatkan.

Namun jika masih terus curiga dan sulit percaya terhadap apapun yang dilakukan pasangan, tentu saja pernikahan Anda dan pasangan sulit dilanjutkan.

Nah, itulah beberapa kondisi yang bisa menjadi pertimbangan apakah hubungan tetap bertahan atau berakhir.

Hanya saja, sebelum memutuskan bercerai, bicarakanlah lebih dahulu pada pasangan tentang apa yang dirasakan dan solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan. 

Mintalah bantuan konselor pernikahan mengenai masalah yang dirasakan. Jika tetap tidak ada perubahan, maka perceraian adalah jalan terakhir yang harus diambil. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga