434 Mahasiswa Ikuti Wisuda ke-12 IAIN Kendari, Rektor Tekankan Hal Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
434 Mahasiswa Ikuti Wisuda ke-12 IAIN Kendari, Rektor Tekankan Hal Ini
Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, saat membawakan sambutan di acara wisuda ke-12 program sarjana dan magister periode kedua di Hotel Azizah Syariah Kendari, Selasa (28/11/2023). Foto: Humas IAIN Kendari

" IAIN Kendari menggelar wisuda ke-12 program sarjana dan magister periode kedua, yang diikuti oleh 434 wisudawan di Hotel Azizah Syariah Kendari, Selasa (28/11/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar wisuda ke-12 program sarjana dan magister periode kedua yang diikuti oleh 434 wisudawan di Hotel Azizah Syariah Kendari, Selasa (28/11/2023).

434 wisudawan itu terbagi dalam 4 fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 238 orang, Fakultas Syariah 50, Fakultas Adab dan Dakwah 50, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 69 orang dan Program Pascasarjana 26 orang.

Prosesi wisuda ini menciptakan keramaian tersendiri karena dihadiri oleh ribuan wisudawan dan orang tua. Keceriaan terpancar dari wajah mereka yang sebentar lagi akan terjun ke dunia pekerjaan.

Baca Juga: 25 Sekolah Dapat Program Vokasi BLUD SMK dari Dikbud Sulawesi Tenggara

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, sejak resmi bertransformasi menjadi IAIN Kendari, perguruan tinggi agama Islam terbesar di Sulawesi Tenggara ini telah mencetak 4.933 alumnus terbaik.

Husain juga mengingatkan bahwa meski era kemajuan teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, tapi para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

Bahkan, lanjutnya, masyarakat menaruh harapan besar kepada IAIN Kendari untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

"Wisudawan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh ke dalam dunia profesional, tidak hanya bekerja di sektor industri, tetapi yang lebih penting tentunya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan menjadi entrepreneur," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Beri Penghargaan Guru dan Siswa di HGN 2023

Husain juga berpesan kepada para wisudawan agar menjadi insan yang bermartabat, berilmu, mampu membawa solusi dan berdampak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Agar mampu berperan dan berkontribusi optimal, alumni IAIN Kendari harus adaptif, harus menjadi pemimpin yang mampu multitasking, berjejaring luas dan yang terpenting mampu berinovasi," pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Husain mengucapkan banyak terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan IAIN Kendari untuk memberikan pendidikan anak tercintanya. (Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga