5 Cara Efektif Atasi Kelelahan Saat Siang Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 14 Maret 2023
0 dilihat
5 Cara Efektif Atasi Kelelahan Saat Siang Hari
Ketika rasa lelah dirasakan saat siang hari akan menghambat produktivitas bekerja. Foto: alodokter.com

" Kelelahan menjadi hal yang wajar dialami setiap orang. Namun jika rasa lelah dirasakan saat siang hari akan menghambat produktivitas bekerja. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelelahan menjadi hal yang wajar dialami setiap orang. Namun jika rasa lelah dirasakan saat siang hari akan menghambat produktivitas bekerja. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, Kelelahan atau fatigue adalah kondisi di mana Anda selalu merasa lelah, lesu, atau kurang tenaga. Kondisi ini tidak sama dengan sekadar merasa ngantuk.

Kelelahan adalah kondisi yang membuat Anda tidak memiliki motivasi dan energi. Mengantuk mungkin adalah gejala kelelahan, tetapi kedua kondisi itu tidak sama.

Kelelahan juga merupakan hasil alami dari beberapa gaya hidup, seperti kurang olahraga atau pola makan yang buruk.

Baca Juga: Aktivitas Seksual Saat Wanita Menginjak Menopause

Ketika rasa lelah dirasakan saat siang hari akan menghambat produktivitas bekerja. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Melansir idntimes.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk mengatasi kelelahan saat siang hari:

1. Minum kafein secukupnya 

Adenosin dapat bersirkulasi pada seluruh sistem saraf pusat (SSP) sehingga dapat menghilangkan keinginan untuk tidur homeostatis, yakni satu dari dua sistem yang bisa membuat kita terjaga dan tidak mengantuk.

Peningkatan adenosin dalam tubuh membuat tubuh jadi lelah dan meningkatkan keinginan tidur yang sebelumnya hilang.

Kafein ini menjadi antagonis reseptor adenosin yang dapat mengikatnya sehingga dapat mengakumulasi tekanan tidur.

Kebanyakan orang dewasa mengalami dampak tidak kantuk selama 5 sampai 6 jam karena kafein, berarti waktu adenosin bertindak pada SSP mundur selama 5–6 jam. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan insomnia.

Alhasil, keinginan untuk menambah kafein jadi terus dilakukan yang jelas dapat merusak ritme tidur. Itulah mengapa pengaturan batas kafein dalam sehari perlu ditaati. Coba batasi minum dua cangkir kopi dalam sehari dan tidak mengonsumsinya lagi setelah jam 4 sore.

2. Cari tempat yang terang

Cahaya dapat menyinkronkan ritme sirkadian atau jam internal kita. Hal ini terjadi karena adanya hormon melatonin yang dapat memicu rasa kantuk atau tidak pada manusia.

Dalam laman Psychology Today, cahaya biru dapat mengirimkan sinyal menuju fotoreseptor retina yang dapat mendorong nukleus suprakiasmatik berhenti memproduksi melatonin.

Cara mudahnya untuk mendapatkan cahaya tersebut adalah dengan menyirami retina dengan pancaran sinar matahari sekitar 15-30 menit setelah bangun tidur.

Kamu bisa melakukan ini beberapa kali dalam sehari selama merasa sedikit mengantuk. Usahakan juga untuk bekerja di dekat jendela atau tempat yang terang agar kemungkinan lelah dapat berkurang. 

3. Lakukan power nap 

Tak jarang, tidur sebentar menjadi solusi terbaik untuk mengatasi rasa lelah pada siang hari. Untuk melakukannya, manfaatkan momen siang hari ketika istirahat. Dikenal dengan istilah power nap, kamu bisa melakukannya dengan memejamkan mata selama 15-30 menit.

Agar power nap efektif, seperti dijelaskan dalam laman Healthline, kurangi distraksi yang dapat mengganggu tidurmu.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Orang Kidal, Lebih Kreatif dan Ahli Olahraga

4. Bergeraklah 

Dilansir National Health Service, rutin olahraga dapat membuat tubuh tidak cepat merasa lelah dalam jangka panjang. Ini menandakan bahwa olahraga dapat membuat tubuh jadi lebih banyak menyimpan energi.

Bahkan, hanya dengan jalan kaki 15 menit kamu sudah dapat merasakan tambahan energi. Kamu akan merasakan lebih banyak energi lagi jika meningkatkan aktivitas fisik lebih sering.

Sebagai langkah awal, lakukan olahraga yang ringan. Setelah terbiasa, tingkatkan olahraga secara bertahap dalam hitungan minggu atau bulan sampai memenuhi target mampu melakukan 2 jam 30 menit untuk latihan aerobik tingkat sedang dengan sepeda atau jalan cepat setiap minggunya. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi rasa lelah atau mengantuk di siang hari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga