5 Fakta Unik Orang Kidal, Lebih Kreatif dan Ahli Olahraga

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
5 Fakta Unik Orang Kidal, Lebih Kreatif dan Ahli Olahraga
Orang kidal atau yang beraktivitas banyak menggunakan tangan kiri disebut sebagai manusia unik dan spesial. Foto: Repro Hellosehat.com

" Karena lebih sering memakai otak kanannya, pengguna tangan kidal mempunyai nilai imajinasi dan seni yang tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Normalnya manusia banyak menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas. Namun bagi orang kidal, mereka lebih nyaman dan banyak menggunakan tangan kiri. Orang-orang kidal sering dibilang unik dan spesial karena jarang ditemukan, ternyata populasinya hanya 10 persen di dunia.

Berikut beberapa fakta unik mengenai orang kidal, dilansir dari Okezone.com dan Kompas.com.

1. Mempunyai Kreativitas yang Tinggi

Karena lebih sering memakai otak kanannya, pengguna tangan kidal mempunyai nilai imajinasi dan seni yang tinggi. Mereka lebih suka informasi dalam bentuk visual atau gambar dibanding bahasa.

Apabila anak terlahir dengan batasan kidal, ibu tak harus memaksa memakai tangan kanannya. Sebab, hal ini hanya membuat anak stres. Hendaknya fokus saja dengan kesehatan mental dan fisiknya.

2. Mempunyai Kecenderungan ADHD

Anak kidal condong lebih susah untuk bergaul di ruang publik. Mereka juga mempunyai kecenderungan kepada ADHD.

Baca Juga: 4 Manfaat Rajin Bersosialisasi

ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder mengakibatkan anak susah fokus dan mempunyai watak hiperaktif. Ini dapat berdampak langsung pada kegiatan di sekolahnya.

3. Ahli dalam Olahraga

Keahlian pengguna tangan kidal bermula dari pemakaian otak kanan yang lebih menonjol. Mereka mempunyai keahlian visual spesial yang lebih baik dengan menanamkan keahlian mengingat dan lebih peka kepada keadaan sekitar.

Selain alasan pemakaian otak kanan, atlet dengan tangan kidal juga terbilang langka. Maka dari itu, bayangan lawan pada teknik yang dipakai oleh mereka cenderung kecil. Sehingga, hal ini yang membuat lawan sering kebobolan atau terkecoh.

4. Hati yang Lebih Temperamental

Pengguna tangan kidal mempunyai suasana hati yang bergantian. Mereka juga gampang merasa cemas dan malu ketika tak sengaja membuat kekeliruan. Maksudnya, pengguna tangan kidal lebih temperamental dibanding orang-orang biasanya.

Baca Juga: Ini 4 Penyebab Remaja Merokok, Orang Tua Wajib Tahu

Bahkan, mereka cenderung temperamental dan sakit hati saat mendapat kritik dari orang lain. Ini ditimbulkan karena mereka tak mempunyai keselarasan dalam menangani otak bagian kiri dan kanan.

5. Tak Selamanya Melakukan Kegiatan dengan Tangan Kiri

Janin mulai merangsang lengan ketika usianya menginjak 9 sampai 10 minggu. Pada awal trimester kedua, janin telah memperlihatkan seleranya untuk menyedot satu ibu jari dari salah satu tangannya.

Apabila terbiasa menyedot ibu jari tangan kiri, janin dapat berubah menjadi kidal jauh sebelum mereka lahir. Walau begitu, kebiasaan memakai tangan kiri dapat berubah seiring berjalannya waktu, yakni ketika usia anak menginjak 2 sampai 3 tahun. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga