5 Cara Peroleh Modal untuk Bangun Bisnis

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
5 Cara Peroleh Modal untuk Bangun Bisnis
Tak mudah memperoleh modal untuk membangun bisnis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya kredit multiguna dari perbankan. Foto: Repro Cekpremi.com

" Salah satu cara untuk memperoleh modal bisnis yaitu dari tabungan pribadi. Cara ini menjadi opsi termudah jika Anda telah memiliki tabungan yang mencukupi untuk memulai suatu usaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring berkembangnya zaman, peluang bisnis semakin terbuka lebar, namun masalah sebagain besar orang ketika hendak memulai usaha adalah keterhambatan modal.

Dilansir dari Inews.id dan Okezone.com, berikut ini 5 (lima) cara memperoleh modal usaha untuk mendukung bisnis Anda.

1. Simpanan Pribadi

Salah satu cara untuk memperoleh modal bisnis yaitu dari tabungan pribadi. Cara ini tentunya menjadi opsi termudah jika Anda telah memiliki tabungan yang mencukupi untuk memulai suatu usaha.

Baca Juga: Jasuke, Peluang Usaha dengan Modal Terbatas

Namun, jika tabungan Anda belum mencukupi, maka dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyisihkan penghasilan Anda secara konsisten hingga kebutuhan modal Anda terpenuhi.

2. Aset Pribadi

Selain tabungan pribadi, Anda juga bisa memperoleh modal dari aset-aset berharga yang Anda miliki, seperti perhiasan, emas, tanah, saham, surat berharga, dan sebagainya. Anda bisa menjual atau menggadaikan aset tersebut sesuai dengan modal usaha yang Anda butuhkan.

3. Rekan Bisnis

Cara lainnya untuk memperoleh modal usaha yaitu dengan mencari rekan bisnis sehingga besarnya dana dapat ditanggung bersama. Namun, pastikan rekan bisnis Anda dapat dipercaya serta memiliki visi dan misi yang sejalan untuk menghindari risiko di masa mendatang.

4. Investor

Strategi lain untuk mendapatkan modal usaha yaitu melalui investor. Anda bisa mencari informasi dan menawarkan rencana bisnis Anda kepada para investor yang biasanya bergelut di bidang usaha serupa. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti berbagai seminar bisnis untuk membuka peluang mendapatkan investor.

5. Kredit Multiguna

Baca Juga: 5 Tips Dapat Modal untuk Bisnis

Alternatif lainnya untuk mendukung kebutuhan modal bisnis Anda yaitu kredit multiguna. Kredit Multiguna (KMG) adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam (debitur) diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan.

Dengan begitu, besarnya pinjaman yang dapat diperoleh disesuaikan dengan taksiran harga barang/properti yang dijadikan jaminan tersebut. Berbeda halnya dengan pinjaman kilat dengan limit pinjaman yang kecil atau KTA dengan limit pinjaman berdasarkan kepemilikan kartu kredit, Kredit Multiguna (KMG) menentukan limit pinjaman berdasarkan nilai aset yang dijaminkan.

Jadi semakin besar aset yang Anda jaminkan seperti rumah atau tanah, maka jumlah pinjaman yang didapat juga akan semakin besar. (C)

Penulis: Adinda Septia Putria

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga