5 Ciri Rumah Tidak Dimasuki Malaikat

Haerani Hambali, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
5 Ciri Rumah Tidak Dimasuki Malaikat
Rumah yang kotor dan bau tidak disukai oleh malaikat. Sehingga malaikat tidak akan memasuki rumah yang kotor. Foto: Repro Orami.co.id

" Jika malaikat hadir di rumah kita, maka rumah akan penuh dengan keberkahan. Karena itu, sebagai umat Muslim, kita perlu tahu apa ciri rumah yang tidak dimasuki malaikat "

KENDARI, TELISIK.ID - Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat terhadap perintah-Nya. Jika malaikat hadir di rumah, maka rumah itu akan penuh dengan keberkahan. Karena itu, sebagai umat Muslim, kita perlu tahu apa ciri rumah yang tidak dimasuki malaikat.

Dengan begitu, kita akan menghindari hal-hal yang membuat malaikat enggan masuk ke rumah. Karena rumah sejatinya bukan hanya tempat bernaung dari hujan dan panas, tapi juga memberikan keberkahan bagi seluruh anggota keluarga.

Dikutip dari Detik.com, berikut ini ciri-ciri rumah yang tidak akan dimasuki malaikat.

1. Ada Gambar dan Patung

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya malaikat tidak memasuki suatu rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar timbul (relief) (HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban).

Disebutkan dalam buku Mengundang Malaikat ke Rumah oleh Mahmud asy-Syafrowi, gambar yang dimaksud merupakan gambar makhluk yang bernyawa seperti manusia dan binatang, baik yang dibuat dengan tangan berupa lukisan maupun dengan fotografi. Sebab, sebutan maupun hakikatnya tetap gambar. Adapun pohon dan bebatuan atau benda lainnya yang tidak bernyawa tidak termasuk yang dilarang.

Adapun gambar yang berupa stempel atau lukisan pada kain, Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-'Asqalani Ra menguatkan pendapat yang menyatakan apabila gambar tersebut utuh dan jelas bentuknya maka haram. Namun, jika gambar tersebut dipotong kepalanya, atau terpisah-pisah bagian tubuhnya, maka diperbolehkan.

Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Imam Nawawi menjelaskan tentang hal ini lebih lanjut, "Ulama berkata, 'Faktor penyebab terhalangnya mereka (para malaikat) untuk masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat gambar adalah karena membuat dan menyimpan gambar merupakan perbuatan maksiat, perbuatan keji, dan menandingi ciptaan Allah serta di antara gambar itu ada yang diibadahi selain ibadah kepada Allah."

2. Ada Anjing

Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa ia akan datang. Namun, hingga waktu pertemuan tiba, ia tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah bersabda, "Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya, tetapi mengapa Jibril belum datang?"

Tatkala Rasulullah menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. "Kapan anjing ini masuk?" tanya beliau. Aku (Aisyah) menyahut, "Entahlah." Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril.

"Mengapa engkau terlambat?" tanya Rasulullah kepada Jibril. Jibril pun menjawab, "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)." (HR Muslim).

Para ulama pun menjelaskan mengapa anjing dapat menghalangi malaikat yang hendak masuk ke rumah. Beberapa alasannya adalah karena air liurnya yang najis, memiliki aroma yang tidak sedap, dan terdapatnya larangan syariat memelihara anjing.

Namun ada juga anjing yang tidak diharamkan seperti anjing pemburu, anjing yang ditugasi menjaga sawah ladang dan hewan ternak, dan juga anjing penjaga.

3. Dihiasi Suara Setan

Malaikat menyukai rumah yang selalu dilantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dikumandangkan adzan, dan juga diperdengarkan shalawat kepada Rasulullah. Namun, apabila rumah yang di dalamnya justru dihiasi oleh suara-suara setan, malaikat enggan untuk datang.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 64 tentang setan dengan segala tipu dayanya terhadap manusia.

Ibnu Abbas menerangkan tentang ayat ini bahwa, "Suara syaitan adalah lagu, seruling, dan perkataan yang sia-sia". Pendapat ini juga menegaskan bahwa apabila rumah yang berisi pertengkaran, ucapan kotor, dan juga makian, maka rumah tersebut termasuk rumah yang dihiasi oleh suara setan.

3. Bau dan Kotor

Malaikat juga sangat tidak menyukai rumah yang memiliki bau tak sedap serta terlihat kotor. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang memakan pohon yang tidak sedap ini janganlah mendekati masjid kami. Sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia,” (HR Muslim).

Untuk itu, pastikan rumah selalu dibersihkan agar tampilannya terlihat bersih dan tak ada bau tak sedap yang muncul karena malas membersihkan rumah. Selain disukai malaikat, rumah yang rapi dan bersih juga akan membuat betah penghuninya.

4. Tidak Pernah Terdengar Lantunan Al-Qur’an

Rumah yang penghuninya tidak pernah membaca Al-Qur’an juga akan menjadi rumah yang tidak dimasuki malaikat. Sebab rumah tersebut akan terasa sangat kelam karena tidak dbacakan ayat suci sehingga dijauhkan dari rahmat Allah SWT.

Baca Juga: 7 Amalan Gapai Pahala di Bulan Ramadan Meski Sedang Haid

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca kitab Allah (Al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka.

Mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat. Dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisinya,” (HR Muslim).

5. Dihuni Orang Pelit

Mengutip Orami.co.id, malaikat tidak suka dengan orang yang bakhil atau pelit, karena Allah SWT memiliki sifat Maha Pengasih dan mengecam perilaku pelit.

Selain itu, Allah SWT juga merupakan sumber rezeki bagi semua makhluknya yang memberi fasilitas hidup untuk semua manusia tanpa meminta balasan.

Dengan kata lain, Allah SWT sangat tidak suka dengan manusia yang menahan harta bagi orang yang membutuhkan.

Jadi, jika Allah SWT saja tidak menyukai orang yang pelit, begitu juga malaikat yang selalu patuh pada perintah Allah SWT. (C)

Penulis: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga