7 Amalan Gapai Pahala di Bulan Ramadan Meski Sedang Haid

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
7 Amalan Gapai Pahala di Bulan Ramadan Meski Sedang Haid
Berzikir mengingat Allah bisa jadi salah satu amalan berpahala yang dapat dilakukan oleh wanita haid. Foto: Repro Beautynesia.id

" Menstruasi bukan halangan untuk seorang muslimah menggapai banyak pahala di bulan Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID – Bulan suci Ramadan menjadi momen umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun bagi wanita yang setiap bulan mengalami siklus menstruasi, tak dapat menjalani ibadah puasa full selama Ramadan.

Meski begitu, Anda jangan khawatir, menstruasi tak menjadi halangan untuk menggapai banyak pahala di bulan Ramadan.  

Dilansir dari Beautynesia.id dan Haibunda.com, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan berkah pahala di bulan Ramadan, meskipun sedang terhalang untuk salat dan berpuasa.

1. Menyiapkan Makanan Bagi yang Berbuka Puasa

Menyiapkan makanan bagi yang berpuasa merupakan salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan pahala puasa tanpa melakukan puasa itu sendiri. Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa memberikan sesuatu kepada orang yang berpuasa untuk berbuka puasa, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang menjalankan puasa, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa.” (HR. At-Tirmizi)

2. Zikrullah (Mengingat Allah)

Ada banyak sekali cara untuk mengingat Allah SWT. Kita bisa melafalkan Asmaul Husna berulang kali atau dengan membaca zikir Al-Baqiyat As-Solihat (amal kebaikan yang kekal) berikut ini:

Subhaanallah wal hamdulillaah wa laa ilaaha illallaah Allaahu Akbar.

Artinya: Allah bebas dari ketidaksempurnaan; Segala puji hanya milik Allah; Tidak ada Tuhan yang benar selain Allah; Allah Maha Besar.

3. Membaca Doa dan Ayat Al-Qur’an yang Dihafal

Ya, melafalkan doa dan ayat Al-Qur'an yang kita ketahui saat sedang ‘berhalangan’, bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menuai banyak pahala selama Ramadan.

Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Kita juga bisa mendengarkan lantunan-lantunan indah Al- Qurra' (para penghafal Al-Quran) yang begitu indah didengar dan menyejukkan hati.

4. Salawat

Selain zikrullah (mengingat Allah), cara utama lain untuk mendapatkan ridha Allah adalah dengan membaca salawat untuk Nabi tercinta kita Sayyidina Muhammad SAW.

Banyak sekali manfaat membaca salawat, di antaranya kita akan selalu dibimbing oleh Allah SWT dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

5. Sedekah

Banyak orang cenderung lebih dermawan dengan bersedekah lebih banyak pada bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini karena pahala dari Allah SWT pada bulan Ramadan berlipat ganda dan terdapat banyak keberkahan lainnya.

Namun, sedekah tidak hanya dapat dilakukan dengan uang dan materi. Segala perbuatan baik yang dilakukan untuk membantu dan meringankan orang lain dari kesulitan, atau sesederhana memberikan senyuman tulus untuk mencerahkan hari seseorang juga merupakan sedekah.

6. Berbagi Ilmu di Media Sosial

Mungkin kamu memutuskan puasa dari media sosial karena khawatir membuang-buang waktu dan melakukan dosa. Namun kamu tetap bisa menggunakan media sosial untuk memperoleh banyak pahala selama Ramadan, lho!

“Barang siapa yang membimbing seseorang kepada kebajikan, maka ia akan mendapatkan pahala yang setara dengan orang yang mengamalkan perbuatan baik itu.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Ini Cara Raih Malam Lailatul Qadar

Kamu bisa gunakan media sosial untuk membagikan ilmu yang bermanfaat tentang agama atau berita dan informasi lain yang benar dan bermanfaat. Selain bisa membantu seseorang, kamu bisa mendapatkan pahala. Mudah bukan?

7. Menahan Diri dari Melakukan Dosa dan Beristighfar

Makna puasa di bulan suci bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, namun juga mengendalikan nafsu dari berbagai perbuatan dosa baik besar maupun kecil.

Misalnya, menahan lidah kita dari dosa seperti menggunjing, berbohong, mengumpat, dan semacamnya. Agar kita sibuk dan terhindar dari perbuatan dosa, buatlah rencana aktivitas kebaikan di bulan ini.

Namun, jika tersadar telah berbuat dosa, jangan lupa untuk segera memohon ampunan kepada Allah SWT dan ucapkan istighfar (astaghfirullaahal-'azhiim) dengan tulus, karena Allah SWT menyukai orang-orang yang bertaubat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga