Terkuak, Amerika Siapkan Rencana Hancurkan China dengan Bom Nuklir Jika Lakukan Ini...

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 22 Juni 2021
0 dilihat
Terkuak, Amerika Siapkan Rencana Hancurkan China dengan Bom Nuklir Jika Lakukan Ini...
Ledakan bom nuklir. Foto: Repro google.com

" Jika terjadi serangan udara dan laut di pulau-pulau itu, Jenderal Angkatan Udara AS Nathan Twining mengatakan AS harus menggunakan senjata nuklir "

TAIWAN, TELISIK.ID - Setelah Partai Komunis Mao Zedong mengambil alih kekuasaan di China daratan pada tahun 1949, pemerintah Nasionalis melarikan diri ke Taiwan dan didukung oleh AS.

Beijing memandang pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya, dan kedua belah pihak bentrok terus menerus selama bertahun-tahun.

Konflik yang paling dekat terjadi antara AS dan Cina adalah selama krisis Selat Taiwan pada tahun 1958 ketika Republik Rakyat Cina menembakkan artileri di pulau-pulau terpencil Taipei.

Tetapi para perencana militer di Washington khawatir keadaan bisa memanas dan mendorong Gedung Putih untuk mempersiapkan rencana penggunaan senjata nuklir.

Dilansir dari Express dan intisarigrid.id Selasa (22/6/2021), dokumen studi tahun 1966 yang mengungkapkan seberapa dekat dunia dengan perang nuklir digali oleh Daniel Ellsberg.

Dia adalah orang yang juga membocorkan Pentagon Papers 50 tahun lalu dalam upaya untuk mengakhiri Perang Vietnam.

Penulis Branko Marcetic mengatakan bahwa mereka membuktikan bahwa AS “secara serius mempertimbangkan” untuk membom China.

Baca Juga: COVID-19 Menggila di Asia Tenggara, Filipina Ancam Penjarakan Warganya

Dia menambahkan: "Dokumen tersebut menunjukkan bahwa petinggi pemerintah AS membuat rencana bersama untuk menjatuhkan bom nuklir ke China jika China mencoba mengambil Taiwan."

Menurut dokumen tersebut, beberapa pejabat Departemen Pertahanan dan Luar Negeri AS khawatir hilangnya pulau-pulau terpencil pada tahun 1958 dapat menyebabkan "pengambilalihan komunis China atas Taiwan."

Jika terjadi serangan udara dan laut di pulau-pulau itu, Jenderal Angkatan Udara AS Nathan Twining mengatakan AS harus menggunakan senjata nuklir.

Jika ini tidak berhasil, studi tersebut menyatakan "AS tidak akan memiliki alternatif selain melakukan serangan nuklir jauh ke China sejauh utara hingga Shanghai".

Menurut dokumen tersebut, Ketua Kepala Gabungan mengakui bahwa tindakan itu pasti akan dibalas dengan serangan nuklir terhadap Taiwan dan pangkalan militer AS di Okinawa di Jepang.

Tetapi laporan itu tidak mengatakan dari mana pembalasan nuklir akan berasal, karena China tidak memiliki senjata nuklir pada saat itu.

Baca Juga: Mengerikan! Pria Ini Nekat Mencuri Anak Kucing dan Memakannya

Para pejabat dikatakan "sangat menyadari" betapa ekstremnya posisi ini, dan betapa terisolasinya AS jika melakukannya.

Studi ini menceritakan bagaimana mantan Perdana Menteri Inggris Harold Macmillan mengatakan kepada Menteri Luar Negeri John Foster Dulles bahwa seluruh Persemakmuran Inggris menentang tindakan pembalasan apa pun dan mencoba untuk menolak gagasan itu dengan mengutip Winston Churchill.

Menteri luar negeri Inggris pada saat itu dikatakan telah memperingatkannya tentang risiko "jelas" dari reaksi berantai yang akan berdampak pada Barat.

Pada akhirnya, mantan Presiden AS Dwight D. Eisenhower ragu-ragu untuk menggunakan senjata nuklir dan mendorong pasukan AS untuk tetap menggunakan senjata konvensional. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga