5 Fakta Unik Maroko yang Lumpuhkan Portugal dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 12 Desember 2022
0 dilihat
5 Fakta Unik Maroko yang Lumpuhkan Portugal dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022
Maroko sebagai salah satu negara yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022, memiliki banyak keunikan. Foto: Repro Inanews.co.id

" Kalau Indonesia punya Masjid Istiqlal yang masuk sebagai salah satu masjid terbesar di dunia, Maroko juga punya Masjid Hassan II di Casablanca yang menjadi masjid terbesar ketujuh di dunia "

DOHA, TELISIK.ID - Negara Maroko baru-baru ini viral setelah lumpuhkan Portugal dengan skor 1-0 di babak perempat final piala dunia 2022 Qatar, dan berhasil lolos menuju semifinal.

Berikut Telisik.id merangkum beberapa fakta unik negara Maroko.

1. Punya Gunung Tertinggi di Afrika Utara

Dikutip dari cilegon.inews.id, Maroko dikenal sebagai negeri yang punya banyak jajaran pegunungan. Beberapa gunung yang terkenal menghiasi daerah ini adalah Gunung Atlas terletak tepat di jantung negeri sampai ke bagian selatan dan pegunungan Rif yang terletak di sebelah utara.

Selain itu, Maroko juga punya pegunungan tertinggi di Afrika Utara, gunung tersebut bernama Toubkal atau Jabal Toubkal. Tinggi gunung ini menjulang hingga mencapai 4.167 meter di atas permukaan laut.

Toubkal terletak di Pegunungan Atlas pusat Taman Nasional Toubkal, jaraknya sekitar 80 km dari kota Marrakesh.

2. Punya Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia

Dikutip dari bola.okezone.com, Maroko dikenal sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim seperti Indonesia. Kalau di Indonesia kita punya Masjid Istiqlal yang masuk sebagai salah satu masjid terbesar di dunia, Maroko juga tidak kalah, negara ini punya Masjid Hassan II di Casablanca yang menjadi masjid terbesar ketujuh di dunia. Masjid ini sanggup menampung 80.000 jamaah.

Baca Juga: Anggota DPR Ini Rela Tinggalkan Anak Istri untuk Hidup Bersama Bintang Porno

Masjid Hassan II juga punya menara yang tingginya sampai 210 meter. Pembangunan masjid tersebut rampung ditahun 1993, dengan bantuan 30.000 pekerja yang terlibat.

3. Disebut Negeri Barat

Maroko disebut sebagai Negeri Barat oleh bangsa Arab. Sebab, nama Arab dari negara Maroko adalah Al-Maghrib Al-Aqsa.

Itu memiliki arti “barat yang ekstrem”. Sebab memang, jika dibandingkan negeri-negeri Arab lainnya, Maroko terletak di bagian paling barat di peta dunia.

4. Tetangga Spanyol dan Portugal

Secara geografis, Maroko ternyata bersebelahan dengan dua negara yang dipulangkan olehnya di Piala Dunia 2022. Dua negara Iberia, Spanyol dan Portugal, terletak berseberangan dengan Maroko di sebelah utara.

Hal ini pula yang menyebabkan banyak imigran Maroko di Spanyol. Achraf Hakimi, Youssef En-Nesyri, dan Yassine Bounou termasuk di antaranya karena tumbuh di sepakbola Spanyol.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Pulau Migingo Luas Setengah Lapangan Sepak Bola

Negara yang dijuluki singa atlas itu berbatasan langsung dengan Spanyol yang hanya dipisahkan oleh selat Gibraltar.

5. Singa Berber sebagai Hewan Nasional

Ternyata ada alasan kenapa Timnas Maroko dijuluki singa atlas, salah satunya karena mereka punya singa berber sebagai hewan nasional. Singa berber diketahui juga memiliki nama singa atlas sebagai panggilan lainnya.

Sayangnya, singa berber kini sudah dinyatakan punah di alam liar sejak abad ke-20. Singa itu terakhir kali terlihat di tahun 1992. Saat ini singa berber hanya bisa ditemukan di kebun binatang atau sirkus. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga