Ini 4 Penyebab Remaja Merokok, Orang Tua Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Maret 2023
0 dilihat
Ini 4 Penyebab Remaja Merokok, Orang Tua Wajib Tahu
Bukan hanya digunakan orang dewasa, tapi juga anak-anak atau remaja yang diketahui merokok. Foto: klikdokter.com

" Salah satu perbuatan negatif yang sebagain remaja lakukan adalah merokok. Perbuatan ini ternyata dilakukan anak di bawah umur karena banyak penyebab "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu perbuatan negatif yang sebagain remaja lakukan adalah merokok. Perbuatan ini ternyata dilakukan anak di bawah umur karena banyak penyebab.

Dikutip dari kemkes.go.id, perokok tertinggi ke-3 di dunia adalah Indonesia sesudah Cina dan India (WHO, 2008).

Konsumsi produk tembakau di Indonesia yang tinggi dan terus meningkat di berbagai kalangan masyarakat mengancam kesehatan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Baca Juga: Skandal Anak Cantik Kepala Bea Cukai, Pamer Baju Rp 22 Juta hingga Goyang Seksi di Klub Malam

Bukan hanya digunakan orang dewasa, tapi juga anak-anak atau remaja yang diketahui merokok. Merokok bagi remaja ternyata dilakukan karena banyak penyebab.

Melansir yoursay.id dari kemkes.go.id, berikut beberapa penyebab remaja di bawah umur merokok:

1. Anggapan Merokok Bisa Hilangkan Stres

Salah satu penyebab remaja mulai merokok adalah anggapan mereka bahwa merokok dapat menghilangkan stres. Padahal anggapan ini sama sekali tidak benar.

Anggapan merokok dapat menghilangkan stres menjadi sebuah kepercayaan yang membuat mereka mulai berpikir untuk merokok. Maka tak heran jika mereka akan melampiaskan rasa stres dengan merokok. 

2. Coba-coba

Coba-coba juga bisa menjadi penyebab remaja mulai merokok. Remaja cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal baru yang belum pernah mereka coba.

Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka mulai mengonsumsi rokok. Awalnya memang coba-coba, tapi kandungan nikotin yang terdapat pada rokok membuat mereka menjadi kecanduan.

3. Lingkungan Sekitar

Remaja di bawah umur akan mulai merokok ketika melihat orang-orang di sekitarnya juga merokok. Baik itu lingkunagn pertemanan maupun lingkungan keluarga.

Ketika seorang anak melihat orang-orang di sekitar mereka merokok. mereka akan beranggapan bahwa merokok adalah kebiasaan yang tidak apa-apa dilakukan. 

Baca Juga: Ratu Cantik Paling Berpengaruh di Dunia, Tak Ada Akhlak Suka Bungkus Gadis Muda

4. Ingin Terlihat Keren

Bagi remaja, dapat mencoba hal yang dilakukan orang dewasa adalah keren. Merokok adalah kebiasaan yang dapat menujukkan sisi maskulin mereka.

Ketika remaja mulai mengonsumsi rokok, mereka akan merasa lebih percaya diri karena menurut mereka hal itu dapat menunjukkan bahwa dirinya adalah seseorang yang tangguh. 

Nah, itulah beberapa penyebab remaja merokok. Semoga bermanfaat dan sangat penting bagi para orang tua untuk memantau dan mengedukasi anak-anak mereka yang sudah memasuki usia remaja. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga