4 Manfaat Rajin Bersosialisasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
4 Manfaat Rajin Bersosialisasi
Individu harus aktif belajar dari lingkungan sekitarnya, sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan. Foto: Repro shutterstock.com

" Sosialisasi merupakan salah satu bukti bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Rajin bersosialisasi di tengah masyarakat memiliki banyak manfaat. Maka bersosialisasi dengan orang lain harus lebih sering dilakukan. Bersosialisasi membutuhkan keaktifan dari tiap individu untuk mau bergabung dalam sebuah komunitas atau kelompok masyarakat.

Dikutip dari kompas.com, sosialisasi merupakan salah satu bukti bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain. Pada dasarnya, proses sosialisasi merupakan cara manusia untuk membentuk kelompok, belajar, dan berhubungan dengan orang lain.

Keaktifan dari tiap individu untuk mau bergabung dalam sebuah komunitas atau kelompok masyarakat, bisa didapatkan melalui proses belajar dan penyesuaian diri. Oleh sebab itu, individu harus aktif belajar dari lingkungan sekitarnya, sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Melansir yoursay.id, berikut ini adalah beberapa manfaat sosialisasi yang perlu dijalani:

1. Menambah Koneksi

Dengan lebih rajin bersosialisasi dengan orang di tengah masyarakat, kampus maupun di luar kampus, kita akan memperluas jaringan pertemanan.

Baca Juga: Benarkah Stres Menyebabkan Rambut Beruban?

Koneksi yang luas tentunya akan membantu kita nantinya di masa depan, terutama saat kita lulus dari kampus ataupun pada saat masa pencarian kerja.

2. Kesehatan Fisik Lebih Terjaga

Orang yang jarang melakukan sosialisasi, cenderung banyak berdiam diri di dalam kamar dan bermalas-malasan. Tubuh yang jarang digerakkan akan memicu penurunan imunitas tubuh.

Seperti yang dikatakan psychologytoday.com bahwa terlibat dan melakukan interaksi sosial bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi orang dewasa yang lebih tua.

3. Mengurangi Risiko Demensia

Demensia merupakan keadaan dimana seseorang mengalami penurunan daya ingat. Meski hal ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua, tidak ada salahnya melakukan pencegahannya sejak dini.

Baca Juga: 10 Fakta Unik si Anak Tengah

Melansir mercycare.org, melakukan interaksi sosial dengan orang lain bagus untuk kesehatan otak. Kerja otak akan semakin optimal dan risiko demensia akan lebih sedikit.

4. Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Mengutip mercycare.org, web ini mengatakan bahwa bersosialisasi bisa meringankan suasana hati dan membuat kita bahagia.

Jadi mahasiswa memang seringnya dibuat mumet oleh tugas-tugas pemberian dosen, jadi jangan ragu untuk perbanyak sosialisasi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang menjadi alasan kita perlu lebih rajin bersosialisasi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga