5 Gaya Hidup Ini Picu Diabetes

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 Februari 2023
0 dilihat
5 Gaya Hidup Ini Picu Diabetes
Ada beberapa gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu penyakit ddiabetes. Foto: Repro google.com

" Ada beberapa gejala gula darah tinggi yang umum dialami, di antaranya adalah sering buang air kecil, sering merasa haus, kehilangan berat badan secara drastis, kulit kering dan gangguan penglihatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Potensi seseorang terkena penyakit diabetes tidak hanya karena keturunan, tapi juga gaya hidup yang kurang baik. Ciri-ciri gula darah tinggi tidak hanya ditunjukkan dari kadar gula darah yang naik melebihi batas normal, tapi juga bisa ditandai dari gejala yang mengganggu.

Dikutip dari hellosehat.com, menurut American Diabetes Association, terdapat beberapa gejala gula darah tinggi yang umum dialami, di antaranya adalah sering buang air kecil, sering merasa haus, kehilangan berat badan secara drastis, kulit kering, gangguan penglihatan, dan sebagainya.

Dilansir yoursay.id dari klikdokter.com, berikut beberapa gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu penyakit diabetes:

1. Tingkat stres yang tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa pikiran juga dapat berpengaruh bagi kesehatan seseorang. Jika seseorang mengalami stres maka orang tersebut berisiko untuk terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Ketika kamu mengalami stres maka gula darah di dalam tubuhmu juga akan meningkat tinggi. Saat kamu stres kamu juga akan dengan mudah melupakan pola hidup sehat yang harus kamu lakukan.

2. Pola makan yang buruk

Banyak penyakit yang terjadi karena pola makan yang buruk, salah satunya adalah diabetes. Setiap makanan yang kamu makan dapat mempengaruhi kadar gula darah di dalam tubuhmu. Makanan yang mengandung gula dan lemak dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Selain itu, mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga tidak baik. Karena karbohidrat yang kamu makan akan diubah menjadi gula di dalam tubuhmu.

3. Jarang memantau gula darah

Diabetes memiliki hubungan yang erat dengan gula darah. Oleh karena itu, kamu harus rutin memantau kadar gula darahmu. Dengan rutin memantau, kamu dapat lebih waspada dengan diabetes.

Selain itu, jika kamu rutin memantau gula darah maka kamu juga dapat lebih baik dalam menentukan pola makanmu. Kamu dapat mengetahui mana makanan yang berisiko kepada penyakit diabetes atau tidak.

4. Jarang melakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin merupakan sebuah keharusan bagi setiap orang. Jika kamu jarang melakukan aktivitas fisik maka hal tersebut dapat membuat kadar gula darahmu meningkat.

Baca Juga: 7 Camilan Ini Baik untuk Penderita Diabetes Saat Malam

Jika kamu melakukan aktivitas fisik dengan rutin maka kamu dapat mengubah gula di dalam tubuhmu menjadi sebuah energi yang dapat bermanfaat bagi dirimu.

5. Merokok dan minum alkohol

Merokok berdampak buruk pada elastisitas pembuluh darah. Hal tersebut dapat mempermudah untuk terserang diabetes.

Sedangkan untuk alkohol sendiri dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Jika kamu tetap mengonsumsinya, maka kamu akan meningkatkan risiko untuk terkena berbagai komplikasi di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa gaya hidup yang dapat memicu risiko penyakit diabetes. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga