5 Bahan Alami Ini Bisa Kurangi Minyak di Wajah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
5 Bahan Alami Ini Bisa Kurangi Minyak di Wajah
Kulit atau wajah berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Foto: Repro hellosehat.com

" Wajah berminyak menjadi salah satu kondisi yang seringkali dialami setiap orang. Memang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu penampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Wajah berminyak menjadi salah satu kondisi yang seringkali dialami setiap orang. Memang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu penampilan.

Dikutip dari hellosehat.com, kulit atau wajah berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum.

Diketahui, sebum ini merupakan minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Pada umumnya, wajah berminyak memang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu penampilan. Sebab akan mempengaruhi kepercayaan diri yang menurun.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Polusi Udara Terhadap Ibu Hamil

Melansir yoursay.id dari Style Craze, berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah: 

1. Lemon

Lemon kaya akan asam sitrat yang bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum. Tak hanya itu, lemon juga memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bahan alami ini aman digunakan maksimal hingga 2 kali seminggu. Kamu dapat oleskan perasan lemon dengan sedikit tambahan air lalu diamkan selama beberapa menit.

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif, maka kamu juga bisa menambahkan teh gliserin pada campuran tersebut.

2. Teh hijau

Bahan alami terakhir yang dapat digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah adalah teh hijau. Nyatanya, teh hijau bisa membantu mengurangi produksi sebum dan juga bermanfaat dalam mengobati jerawat.

Kamu bisa gunakan kantong teh hijau ke wajah untuk merasakan manfaat tersebut. Namun, sebelumnya masukkan terlebih dahulu kantong teh hijau ke kulkas selama beberapa menit dan tempelkan ke wajah saat masih dalam kondisi dingin.

3. Madu

Madu bertindak sebagai emolien alami. Hal itu berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga bisa mencegah permasalahan kulit seperti jerawat berkat sifat antimikrobanya.

Adapun cara penggunaannya yakni kamu bisa aplikasikan langsung madu ke wajah. Kemudian, diamkan sekitar 20 hingga 30 menit lalu bilas.

4. Putih telur

Siapa sangka, putih telur juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit. Hal itu karena putih telur dapat membantu mengencangkan kulit dengan merangsang fibroblas kulit untuk menghasilkan lebih banyak kolagen.

Pada akhirnya, hal tersebut dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga juga bisa membantu mengontrol minyak. Tertarik mencoba? Kamu bisa oleskan putih telur yang telah dikocok ke wajah dan diamkan 20 hingga 30 menit lalu bilas. Kamu bisa aplikasikan bahan ini maksimal 2 kali seminggu.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur yang Sayang Kamu Lewatkan

5. Oatmeal bubuk 

Oatmeal merupakan penyerap ultraviolet yang kuat sehingga dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Oatmeal juga mengandung agen pelembab, pembersih, dan anti-inflamasi.

Hal itu memungkinkan bahan alami ini untuk membantu mengendalikan kulit dari produksi sebum yang berlebih, mencegah jerawat, kemerahan, hingga iritasi. Adapun cara penggunaannya kamu bisa buat oatmeal selayaknya pasta lalu dioleskan ke wajah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang kamu bisa manfaatkan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga