5 Penyakit Ini akan Muncul Jika Jarang Ganti Sarung Bantal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 September 2022
0 dilihat
5 Penyakit Ini akan Muncul Jika Jarang Ganti Sarung Bantal
Sarung bantal harus sering diganti agar terjaga dari penyakit. Foto: Repro kompas.com

" Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak atau berkualitas, salah satunya adalah menjaga kebersihan sarung bantal tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak atau berkualitas, salah satunya adalah menjaga kebersihan sarung bantal tidur.

Dikutip ruparupa.com, walau tak terlihat secara kasat mata, tetapi debu, minyak, kotoran, hingga tungau bisa berkembang biak bila sarung bantal tidak rutin dibersihkan. Tentunya, masalah kecil ini dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang akan muncul jika kamu jarang mengganti sarung bantal tidur:

1. Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Jika kamu jarang mengganti sarung bantal, maka sarung bantalmu akan kotor dan kebersihan bantal yang buruk akan menjadikan bantal sebagai tempat bersarangnya debu, lemak atau jaringan kulit mati.

Jika terus melakukan kebiasaan buruk ini, maka akan menimbulkan jerawat pada bagian sisi wajah.

2. Bisa Mengundang Munculnya Alergi

Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, dalam ulasan aafa.org, masing-masing dari tubuh kita melepaskan kulit setiap harinya. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gemuk, Nomor Terakhir Bikin Kaget

Tungau debu sebenarnya tidak berbahaya, Namun dengan adanya tungau debu dapat memicu mata menjadi berair, tenggorokan terasa gatal, bersin, hidung menjadi tersumbat. Jika ini terus terjadi, gejala ini dapat memburuk, yang menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Kebiasaan buruk ini dianggap sebagai pemicu paling umum dan paling sering terjadi timbulnya alergi dan asma. Oleh karena itu apabila sarung bantal kamu tidak diganti secara berkala, besar kemungkinan akan mengundang berbagai penyebab penyakit ini.

3. Munculnya Gangguan Sesak Napas

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, dalam ulasan klikdokter.com, akibat dari banyaknya debu yang menempel pada sarung bantal maka akan membuat saluran pernapasanmu terganggu. Sehingga kondisi demikian dapat memicu gangguan sesak napas yang dapat mengganggu keseharianmu.

Baca Juga: Sunnah Nabi, Tidur Miring ke Kanan Penuh Manfaat

4. Muncul Penyakit Konjungtivitis

Mengutip dari dr. Pittara dalam tinjauannya di alodokter.com, apabila jarang mengganti sarung bantal, maka akan menimbulkan penyakit konjungtivitis.

Penyakit ini muncul dengan ciri-ciri ada keluhan pada mata dengan kondisi berwarna merah dan berair, akan tetapi penderita tidak akan mengalami gangguan penglihatan. 

Nah, itulah beberapa penyakit yang kerap menyerang saat sarung bantal tidur jarang diganti. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga