5 Penyebab Maag Akut yang Perlu Diketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
5 Penyebab Maag Akut yang Perlu Diketahui
Ada beberapa penyebab yang memicu maag akut sehingga seseorang bisa mengalami penyakit ini. Foto: hellosehat.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami sebagian orang adalah maag akut. Tapi penyakit ini bisa terjadi karena dipengaruhi sejumlah penyebab "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami sebagian orang adalah maag akut. Tapi penyakit ini bisa terjadi karena dipengaruhi sejumlah penyebab.

Dikutip dari alodokter.com, maag akut atau gastritis akut merupakan kondisi saat lapisan lambung mengalami peradangan yang timbul secara mendadak.

Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda akan merasakan sakit di bagian perut yang umumnya bersifat sementara. Namun, jika maag akut didiamkan dan terus-menerus berulang, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.

Penyakit ini tentu tidak terjadi begitu saja, tapi dipengaruhi oleh beberapa penyebab yang memicu maag akut.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Sakit Pinggang karena Duduk Terlalu Lama

Melansir Kompas.com dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberaapa penyebab maag akut yang perlu diketahui:

1. Infeksi bakteri: bakteri H. pylori adalah penyebab utama gastritis kronis dan penyakit tukak lambung. Bakteri tersebut dapat merusak lapisan pelindung lambung, menyebabkan peradangan, hingga memicu maag akut.

2. Obat-obatan NSAID: penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau kortikosteroid secara terus-menerus untuk mengatasi nyeri dapat mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan maag akut.

3. Refluks empedu: kondisi ketika empedu yang berguna untuk mencerna lemak mengalir kembali ke perut. Padahal, empedu seharusnya bergerak melalui usus halus.

Baca Juga: 7 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Tahu

4. Stres fisik: penyakit atau cedera parah yang terjadi tiba-tiba dan bertahan lama dapat menyebabkan gastritis. Gastritis bahkan dapat muncul akibat trauma fisiki yang tidak melibatkan lambung, seperti luka bakar parah dan cedera otak.

5. Penyalahgunaan alkohol: konsumsi alkohol berlebihan dapat mengiritasi dan mengikis lapisan lambung.

Nah, itulah beberapa penyebab yang seringkali terjadi terhadap maag akut. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga