adplus-dvertising

10 Daftar Makanan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Februari 2021
1523 dilihat
10 Daftar Makanan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan
Sejumlah jenis makanan yang baik untuk kesehatan. Foto: Repro google.com

" Pada dasarnya makanan yang kaya akan nutrisi saja, sebenarnya tidak bisa langsung mencukupi semua kebutuhan nutrisi tubuh, karena memang tidak ada satu pun makanan yang mengandung nutrisi lengkap. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tubuh sangat membutuhkan asupan makanan, khususnya kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa mendukung kesehatan tubuh.

Pada umumnya, kelompok makanan ini sangat baik bagi kesehatan, dan beberapa bahkan terbukti dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kronis. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk disertakan dalam menu makanan sehari-hari.

Pada dasarnya makanan yang kaya akan nutrisi saja, sebenarnya tidak bisa langsung mencukupi semua kebutuhan nutrisi tubuh, karena memang tidak ada satu pun makanan yang mengandung nutrisi lengkap.


Meski begitu, kelompok makanan ini mengandung beberapa nutrisi penting dalam jumlah yang cukup banyak. Melansir alodokter.com, berikut ini adalah makanan yang termasuk kelompok kaya akan nutrisi:

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Tak usah diragukan lagi bahwa sayuran berdaun hijau gelap, seperti kale, sawi, pokcoy, dan bayam, termasuk dalam makanan padat nutrisi atau kaya nutrisi  yang baik untuk kesehatan tubuh. Produk suplemen kesehatan, seperti spirulina, juga sering disebut sebagai salah satu jenis kelompok makanan yang kaya nutrisi dari tanaman hijau.

Nutrisi-nutrisi di dalamnya, seperti kalsium, zinc, zat besi, folat, vitamin C, serat, dan berbagai senyawa antioksidan, mampu melindungi tubuh dari macam-macam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Baca juga: 11 Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Bisa Mengatasi Masalah pada Area Kewanitaan

2. Telur

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang juga kaya akan nutrisi lain, seperti vitamin A dan B, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor. Telur juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata.

Sebagian orang menganggap telur bukan makanan sehat, terutama untuk jantung, karena kabarnya makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Padahal, penelitian terbaru justru membuktikan bahwa konsumsi 1 telur per hari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Ikan

Ikan juga termasuk ke dalam makanan kaya akan nutrisi, karena kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak. Jenis ikan dengan omega-3 tertinggi adalah salmon, tuna, makarel, herring, dan sarden.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain karena kandungan nutrisinya, makanan ini masuk ke dalam kelompok makanan kaya akan nutrisi karena diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik, dan jenis kanker tertentu.

5. Kacang dan biji-bijian

Segenggam kacang almond, pecan, pistachio, kenari, mete, atau biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia, bisa Anda jadikan camilan sehat. Meski ukurannya kecil, golongan makanan kaya nutrisi ini kaya akan serat, protein, lemak sehat, dan antioksidan yang diketahui mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes.

6. Legum

Legum atau kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang polong, atau kacang tanah, juga bisa dianggap sebagai makanan kaya nutrisi karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Legum kaya akan protein, mineral, vitamin B, dan serat yang membawa banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca juga: 5 Alasan Ini Jadi Penyebab Mengantuk Sepanjang Hari

7. Ubi

Ubi kaya akan kalium, serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Meski memiliki rasa yang manis, ubi diketahui dapat mengontrol gula darah, bahkan pada penderita diabetes tipe 2, sehingga cocok dijadikan sumber karbohidrat yang sehat.

8. Yogurt

Pilihan kelompok makanan kaya akan nutrisi selanjutnya adalah yogurt. Makanan sehat ini merupakan sumber kalisum, protein, dan probiotik yang baik. Pilihlah yogurt yang tanpa rasa untuk menghindari asupan gula berlebih. Anda bisa menambahkan buah untuk meningkatkan cita rasa yogurt dan asupan nutrisi Anda.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah kelompok makanan kaya akan nutrisi yang ideal untuk menggantikan mentega atau margarin. Minyak ini adalah minyak alami dengan kandungan asam lemak tak jenuh, senyawa polifenol, dan vitamin E yang tinggi. Semua nutrisi tersebut baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

10. Jahe

Berkat kandungan antioksidan unik bernama gingerol di dalamnya, jahe menjadi salah satu kelompok makanan kaya akan nutrisi dengan berbagai macam khasiat.

Jahe diketahui dapat membantu mengatasi mual, mengurangi peradangan, serta melindungi tubuh dari risiko terjadinya demensia, penyakit jantung, dan kanker.

Berbagai pilihan kelompok makanan kaya akan nutrisi di atas memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, tetap pastikan pilihan Anda tidak terbatas pada kelompok makanan ini saja. Variasikan menu makanan Anda dengan makanan sehat lainnya yang bergizi seimbang, agar asupan nutrisi Anda lengkap. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga