5 Tips Jitu Buat Rencana Karir di Usia Muda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Jitu Buat Rencana Karir di Usia Muda
Penting untuk membuat rencana karir sejak muda agar mencapai tujuan. Foto: qubisa.com

" Bekerja dan berkarir merupakan hal yang lumrah dan harus dilakukan setiap individu "

KENDARI, TELISIK.ID - Meniti karir menjadi hal yang penting dilakukan setiap orang, khususnya bagi mereka yang masih muda. Maka perlu membuat rencana karir sejak dini.

Pada umumnya, dikutip dari qoala.app, bekerja dan berkarir merupakan hal yang lumrah dan harus dilakukan setiap individu. Namun, tak jarang ditemukan individu-individu yang menyesali posisi atau pekerjaannya saat ini.

Kondisi tersebut khususnya terjadi disebabkan oleh perencanaan karir yang kurang matang. Olehnya itu, penting untuk m3mbuat rencana karir sejak muda.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips dalam membuat rencana karier yang tepat di usia muda:

1. Menetapkan tujuan

Selain menerapkan ketiga tips diatas, kamu juga perlu menentukan tujuan dalam rencana kariermu. Tujuan inilah yang akan menjadi patokan yang harus kamu capai dalam berkarir.

Membuat tujuan dalam rencana karier dapat membuat tindakanmu menjadi lebih terarah.

Selain itu dengan adanya tujuan tersebut juga dapat membuat dirimu menjadi lebih bersemangat.

2. Mengenali diri dengan baik

Sebelum membuat rencana karier tersebut kamu harus dapat mengenali dirimu sendiri dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan serta kemampuan yang dirimu miliki.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Fokus dalam Bekerja

Sehingga kamu dapat mempertimbangkan pekerjaan yang sekiranya kamu mampu dengan kondisi kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Jangan sampai nantinya kamu mengambil pekerjaan yang di luar batas kemampuanmu.

3. Selalu terbuka dengan peluang yang ada

Meskipun dirimu sudah memiliki impian dalam berkarier, kamu juga harus perlu terbuka dengan setiap peluang yang ada. Karena kita sama sekali tidak tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Kemungkinan terburuk yang bisa kamu temui adalah kamu tidak memiliki kesempatan untuk bisa memiliki pekerjaan impianmu.

Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk tetap terbuka dengan peluang karier yang ada sebagai rencana cadangan.

4. Melakukan magang terlebih dahulu

Jika kamu sudah mengenali dirimu sendiri dengan baik serta sudah memutuskan pekerjaan yang kamu pilih, maka lebih baik kamu memulai jenjang kariermu dengan melakukan magang terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Agar Mencintai Pekerjaan

Dengan melakukan magang kamu akan mendapatkan pengalaman kerja secara langsung pada bidang yang akan kamu tuju. Sehingga saat nanti kamu sudah menjadi pekerja tetap pada bidang tertentu maka kamu tidak akan kaget dan cepat beradaptasi pada pekerjaan tersebut.

5. Selalu meningkatkan skill

Skill yang kamu miliki akan sangat berguna di dunia kerja nantinya. Oleh karena itu setiap hari kamu harus dapat mengasah skill yang kamu miliki. Bahkan bila perlu kamu dapat mempelajari skill baru dalam hidupmu.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudahmu dalam dunia kerja. Semakin baik dan semakin banyak skill yang kamu miliki maka kamu dapat semakin muda dalam mengarungi dunia kerja.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Telisikers lakukan untuk membuat rencana karier di usia muda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga