6 Cara Cegah Kondom Bocor Saat Bercinta

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
6 Cara Cegah Kondom Bocor Saat Bercinta
Kondom menjadi salah satu kontrasepsi yang punya peluang terendah mencegah kehamilan, hal ini biasanya disebabkan karena kondom yang bocor atau robek. Foto: Viva.co.id

" Kondom menjadi salah satu kontrasepsi pilihan pasangan yang enggan atau menunda untuk mempunyai anak atau mencegah penyakit menular seksual (PMS) selama berhubungan seks "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondom menjadi salah satu kontrasepsi pilihan pasangan yang enggan atau menunda untuk mempunyai anak atau mencegah penyakit menular seksual (PMS) selama berhubungan seks.

Meski penggunaannya sangat simpel, kontrasepsi yang satu ini punya banyak kekurangan sebagai kontrasepsi yang punya resiko kehamilan tertinggi dibanding alat kontrasepsi lain.

Kasus kebobolan meski sudah pakai kondom biasanya terjadi karena kondom yang bocor sehingga sperma pria tembus ke sel telur.

Baca Juga: Alami Resesi Seks, Sekolah di Jepang Banyak Tutup

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id dan Mommiesdaily.com, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kondom tidak bocor:

1. Periksa kondisi kondom setelah dikeluarkan dari kemasannya. Terkadang kondom bisa saja rusak atau robek sejak masih di dalam kemasan atau saat sedang dipasang.

2. Pilih ukuran kondom yang sesuai dengan ukuran. Jangan kebesaran maupun terlalu sempit. Karena itu bisa saja merusak bentuk kondom saat digunakan.

3. Segera ganti kondom bila dirasa tidak lagi nyaman digunakan. Biasanya saat kondom robek, akan ada perubahan sensasi yang dirasakan. Jika itu terjadi, beri tahu pasangan, segera cabut, dan periksa kondom.

4. Sebaiknya periksa kondom secara berkala saat berhubungan seks. Misalnya, saat mengubah posisi. Tak ada salahnya mengganti beberapa kondom dalam sekali berhubungan seksual.

Baca Juga: Mengenal Sexsomnia, Gangguan Seks Tidur

5. Jangan lakukan tindakan sepele yang bisa merusak kualitas kondom. Seperti, menyimpan kondom di tempat yang tidak aman seperti dompet, menggunakan kondom yang sudah terpapar suhu tinggi, juga langsung menggunakan kondom tanpa pelumas.

Walaupun kondom tidak robek, kehamilan masih mungkin terjadi. Itu karena kondom tidak berfungsi sepanjang waktu.

Jika kondom digunakan dengan sempurna, 98 persen efektif mencegah kehamilan. Jika digunakan secara tidak benar, efektivitasnya turun menjadi sekitar 85 persen. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga