Mengenal Sexsomnia, Gangguan Seks Tidur

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Mengenal Sexsomnia, Gangguan Seks Tidur
Sebuah gangguan tidur bernama sexsomnia membuat pengidapnya melakukan gerakan seks saat tidur. Foto: Suara.com

" Ada banyak sekali jenis gangguan tidur yang bisa dialami manusia, salah satunya sexsomnia. Gangguan tidur yang satu ini terbilang unik karena membuat seseorang melakukan gerakan seks saat tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada banyak sekali jenis gangguan tidur yang bisa dialami manusia, salah satunya sexsomnia. Gangguan tidur yang satu ini terbilang unik karena membuat seseorang melakukan gerakan seks saat tidur.

Dilansir dari Kompas.com, sexsomnia adalah gangguan tidur yang dialami seseorang yang secara tidak sadar melakukan perilaku seksual saat mereka sedang tidur. Ulasan di jurnal Cureus pada tahun 2018 menyebut, diperkirakan sebanyak 7,1 persen dari populasi orang dewasa global akan mengalami sexsomnia di beberapa titik dalam hidup mereka.

Gangguan tidur ini juga dianggap lebih umum pada pria dibandingkan wanita meskipun tidak jelas mengapa. Sexsomnia yang terkadang disebut seks tidur ini diklasifikasikan sebagai parasomnia, yakni kelompok gangguan yang meliputi tidur sambil berjalan, mengigau, dan night terror.

Baca Juga: 10 Profesi dengan Bayaran Termahal di Dunia, Gaji Miliaran

Gangguan tidur dalam klasifikasi parasomnia dikelompokkan berdasarkan tahap tidur. Beberapa terjadi selama tidur rapid-eye-movement (REM) atau tidur ringan di mana otak aktif dan bermimpi. Lalu beberapa gangguan tidur ini juga terjadi selama tidur nyenyak atau non REM.

Menurut jurnal Clinical Neurology and Neurosurgery, sexsomnia terjadi ketika sebagian otak tiba-tiba terbangun dari tidur nyenyak. Orang tersebut secara teknis masih tertidur, tetapi mulai melakukan perilaku seksual tertentu, termasuk masturbasi, erangan, dan orgasme.

Dr Rexford Muza, dokter yang fokus dengan masalah tidur di Guy's and St Thomas Hospital di Inggris mengungkapkan saat mengalami sexsomnia, seseorang mungkin akan membelai dirinya sendiri atau pasangannya.

Mereka juga mungkin membuat suara atau gerakan seksual yang belum pernah dilakukan orang tersebut sebelumnya atau tidak akan pernah dilakukan ketika bangun.

Baca Juga: Ayu Aulia Buka-Bukaan Soal Seks: Tak Suka Pakai Kondom Hingga Ungkap Titik Sensitif

Dikutip dari Health.detik.com, seorang wanita bernama Rachel mengungkap rahasia suaminya saat berhubungan seksual yang 'memalukan'. Ia mengatakan suaminya, Nick, mengalami 'sexsomnia' yang menyebabkan dia melakukan seks saat tertidur lelap.

Meski begitu, Rachel tidak mempermasalahkannya. Sebab, menurutnya hubungan seks mereka menjadi sangat 'bersemangat', sehingga dia benar-benar menikmatinya.

"Saya tertidur lelap, saya pikir dia tertidur lelap, dan tiba-tiba dia mulai sedikit meraba saya," katanya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga