6 Jenis Makanan Menambah Kualitas Sperma, Pria Penting Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Maret 2024
0 dilihat
6 Jenis Makanan Menambah Kualitas Sperma, Pria Penting Tahu
Menjaga kualitas sperma dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Foto: Repro Freepik/jcomp

" Tidak semua pria mempunyai ciri-ciri sperma yang baik atau sehat. Ini karena ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan sperma, terutama gaya hidup "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga kualitas sperma pria bisa sehat beragam cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Karena dengan sperma yang berkualitas, dapat memudahkan pasangan bisa hamil.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, bagi pria memiliki sperma sehat merupakan salah satu faktor agar pasangan bisa hamil. Artinya, tidak ada masalah kesuburan sehingga pasangan Anda berpeluang untuk lebih cepat hamil.

Walaupun harus diperiksa langsung oleh dokter, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa ciri-ciri sperma yang subur dan sehat.

Sperma dibutuhkan dalam proses pembuahan. Jika wanita mempunyai siklus masa subur, yang perlu diperhatikan pria adalah sperma atau air mani yang baik, sehat, dan juga subur.

Dikutip dari Mayo Clinic, tidak semua pria mempunyai ciri-ciri sperma yang baik atau sehat. Ini karena ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan sperma, terutama gaya hidup.

Apabila kualitas sperma tidak dijaga dengan baik, kondisi ini bisa meningkatkan risiko infertilitas pada pria di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Gula Darah saat Puasa

Olehnya itu, untuk menjaga sperma tetap sehat atau berkualitas banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi supaya memiliki sperma yang subur, sehat, dan berkualitas:

1. Makanan Laut

Selain tiram, seafood seperti udang, ikan tuna, hingga ikan salmon juga direkomendasikan. Pasalnya, seafood kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

2. Daging

Daging merah atau daging unggas sama-sama baik bagi kualitas sperma. Dalam daging terdapat senyawa L-arginin yang nantinya diubah oleh tubuh menjadi oksida nitrat untuk memaksimalkan fungsi dari sperma. Tapi tentunya makan dalam jumlah secukupnya ya. Selain daging sapi dan ayam, Anda juga bisa mengonsumsi daging kelinci untuk variasi.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga tak boleh dilewatkan demi meningkatkan kualitas serta penyubur sperma. Pasalnya di dalam sayur hijau terdapat nutrisi yang baik untuk sperma, yaitu asam folat atau vitamin B9.

Baca Juga: 8 Makanan Pantangan Orang Pengidap Kolesterol Tinggi

4. Tiram (oyster)

Kerang-kerangan seperti tiram dan remis kaya akan kandungan zinc atau seng yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testosteron.

5. Jamur

Pada jamur, terdapat salah satu vitamin yang baik untuk sperma, yaitu vitamin D. Vitamin ini masuk dalam nutrisi yang baik untuk sperma dan dapat mendukung pergerakan sperma. Vitamin D juga bisa ditemukan pada kacang-kacangan, kuning telur, hingga keju.

Nah, itulah beberapa menu makanan yang dapat membantu menjaga kualitas sperma pria. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga