6 Pilihan Obat Migrain Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
6 Pilihan Obat Migrain Alami
Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan migrain. Foto: iStock

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang adalah migran. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya dengan cara alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang adalah migran. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya dengan cara alami.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, migrain merupakan jenis sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, dan umumnya hanya terjadi pada satu sisi kepala.

Migrain termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah, dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya.

Migrain yang diikuti dengan rasa nyeri yang sangat mengganggu bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Baca Juga: Simak 5 Persiapan Mental Sebelum Menikah

Banyak cara bisa dilakukan untuk meredakan migran ini, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa pilihan obat migrain alami yang dapat digunakan:

1. Minyak lavender

Minyak lavender juga dapat meredakan sakit kepala migrain. Dalam sebuah penelitian, minyak lavender dinilai mampu mengurangi gejala migrain. Namun, penelitian tersebut dilakukan bersama bahan herbal lain sehingga tidak dapat ditentukan kandungan mana yang lebih efektif.

Untuk menggunakan minyak lavender sebagai obat migrain alami, Anda bisa mencampur minyak lavender dengan minyak pengencer terlebih dahulu. Selanjutnya, oleskan ke pelipis dan leher agar gejala migrain segera hilang.

Akan tetapi, penggunaannya di kulit tidak dianjurkan untuk anak laki-laki yang belum pubertas karena bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Sebagai alternatif, minyak esensial lavender bisa dihirup secara langsung atau dengan bantuan alat diffuser.

2. Jahe

Jahe merupakan pengobatan alami yang umum digunakan, termasuk untuk gejala migrain. Tanaman yang juga digunakan untuk bumbu masak ini bisa memberikan sensasi hangat di tenggorokan, sehingga dapat menghilangkan mual yang dipicu migrain.

Jahe juga memiliki kandungan antiradang yang bisa menghilangkan rasa sakit di kepala, misalnya akibat serangan migrain.

3. Bayam

Bayam kaya akan magnesium yang dapat dijadikan pilihan obat migrain alami. Dalam penelitian disebutkan bahwa asupan magnesium tambahan dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

4. Minyak peppermint

Minyak peppermint dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya menghilangkan mual yang sering mengiringi migrain. Wangi minyak pappermint yang menyegarkan juga dapat menenangkan sakit kepala akibat migrain.

Untuk menggunakannya sebagai obat migrain alami, campur terlebih dulu minyak peppermint dengan minyak pengencer, seperti minyak ziatun, lalu oleskan di bagian leher dan pelipis sambil diberi pijatan lembut.

Meski begitu, penggunaan minyak peppermint tidak dianjurkan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah usia 2 tahun, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping seperti gangguan kehamilan maupun dermatitis atopik pada anak.

5. Ikan tuna

Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik dikonsumsi bagi penderita migrain. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa asupan asam lemak omega-3 dapat mengurangi durasi serangan migrain, tetapi tidak berpengaruh pada frekuensi atau tingkat keparahannya.

Baca Juga: Risiko dan Tips Bercinta di Kolam Renang

6. Kopi

Kopi kaya akan kafein yang dapat mengurangi sakit kepala akibat migrain. Kandungan kafein dapat merilekskan otot pembuluh darah sehingga bisa meredakan sakit kepala, khususnya migrain.

Namun, perlu diingat bahwa untuk dijadikan obat migrain alami, asupan kopi tidak boleh terlalu banyak. Asupan kafein yang berlebih justru akan membuat migrain kembali kambuh. Cukup konsumsi 1 cangkir kecil kopi dalam sehari untuk mengurangi sakit kepala migrain.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Telisikers gunakan untuk meredakan migran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga