Wajib Diketahui, Ini 4 Cara Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Wajib Diketahui, Ini 4 Cara Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran
Ilustrasi mabuk perjalanan. Foto: Repro Kompas.com

" Gejala yang ditimbulkan saat mengalami mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan pusing, mual hingga muntah "

KENDARI, TELISIK.ID - Mabuk perjalanan adalah salah satu masalah yang tidak bisa dianggap sepele karena cukup mengganggu.

Khususnya saat akan melakukan perjalan mudik Lebaran, penting untuk mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan. 

Gejala yang ditimbulkan saat mengalami mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan pusing, mual hingga muntah. Kondisi tersebut bisa saja dialami baik perjalanan darat, laut, maupun udara. 

Selain itu, mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Penyebab mabuk perjalan bisa dipengahui oleh banyak faktor. Contohnya seperti bermain smartphone, membaca buku, migrain, punya riwayat vertigo dan lain-lain.

Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan?

Baca Juga: Yuk, Simak Tips Berbusana Muslim untuk Tampil Pesona saat Lebaran

Berikut ini beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan supaya tidak mengganggu mudik Lebaran, dilansir dari berbagai sumber.

1. Memilih Posisi

Melansir One Medical, biasanya pengemudi mobil cenderung kurang rentan terhadap mabuk perjalanan. Hal tersebut dikarenakan otak pengemudi fokus untuk mengendalikan kendaraan. 

Untuk itu cobalah untuk memilih posisi tempat duduk paling depan supaya otak lebih bisa mengendalikan pikiran dari mabuk perjalanan jika Anda menggunakan transportasi darat khususnya mobil.

2. Batasi Asupan Makanan

Perhatikan asupan makanan sebelum dan selama  perjalanan. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu munculnya mual, pusing hingga gejala mabuk perjalanan lainnya. 

Contohnya, hindari makanan pedas, alkohol, merokok supaya Anda terhindar dari mabuk perjalanan yang bisa mengganggu mudik Lebaran Anda. 

3. Berpikir Positif 

Melansir Kontan.id, cara mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya yaitu dengan berpikir positif sebelum dan selama perjalanan. Jika Anda seorang yang sering mengalami mabuk perjalanan, cobalah untuk mulai berpikir bahwa Anda benar-benar tidak akan mabuk untuk kali ini. 

Baca Juga: Yuk, Lakukan Tips Ini Agar Produktif Kerja Saat Puasa

Pasalnya, dilansir dari One Medical, sebuah penelitian menemukan bahwa dengan cara berpikir tidak akan mabuk efektif dalam mencegah mabuk perjalanan. 

4. Mengkonsumsi Jahe

Beberapa penelitian menujukan bahwa mengkonsumsi jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi jahe sebelum melakukan perjalanan nanti. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga