Simak 5 Persiapan Mental Sebelum Menikah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Simak 5 Persiapan Mental Sebelum Menikah
Persiapan mental juga perlu dipersiapkan sebelum menghadapi pernikahan. Foto: Repro google.com

" Dalam kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus, seringkali ada masalah yang dihadapi. Maka perlu persiapan mental sebelum memutuskan untuk menikah "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus, seringkali ada masalah yang dihadapi. Maka perlu persiapan mental sebelum memutuskan untuk menikah.

Pada umumnya, dikutip dari klildokter.com, pernikahan merupakan hal sakral saat dua orang yang mempunyai latar belakang berbeda bersatu dalam satu ikatan. Tentu saja hal ini harus didasari dengan cinta, komitmen, dan rasa saling menerima serta menghormati satu sama lain.

Selain mempersiapkan fisik dan materi menjelang pernikahan, hal penting lainnya adalah persiapan mental menghadapi pernikahan. 

Baca Juga: Risiko dan Tips Bercinta di Kolam Renang

Melansir kompas.tv dari laman Healthsite, berikut beberapa persiapan meng sebelum memutuskan menikah:

1. Rencanakan masa depan

Diskusikanlah tentang rencana masa depan pasangan. Hal ini bisa dimulai dengan obrolan santai mengenai apa keinginan kita dalam waktu 5 sampai 10 tahun ke depan.

Jika pasangan setuju untuk mengejar mimpi tersebut, atur perencanaannya dengan baik dan terus berkomunikasi agar tidak misinterpretasi ke depannya.

2. Perubahan tidak bisa disangkal

Kita harus dapat memahami dan menerima bahwa akan ada perubahan dalam hidup kita. Banyak sekali yang akan berubah dibandingkan ketika kita masih lajang. Paling utama adalah perubahan prioritas, gaya hidup, pengeluaran dan tabungan, kebiasaan, bahkan perubahan cara pandang.

Dalam menyikapi ini, kita harus bersikap dewasa dan mengerti bahwa mungkin ada beberapa hal yang harus kita pandang dari dua sisi. Hal ini demi keutuhan dan kebaikan pernikahan, serta mental kita dengan pasangan.

3. Percaya pada pasangan

Akan selalu ada pasang surut dalam kehidupan berumah tangga. Oleh karenanya, bersiaplah untuk itu. Komunikasi dan keterbukaan adalah jalan utama menghadapi permasalahan ini.

Selain itu, saat menemukan diri sendiri bahwa kita mulai ragu dengan pasangan, bicarakan baik-baik dengan mereka mengenai keresahan kita. Jangan memberikannya kepada orang lain untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

4. Berkomunikasi

Ingatlah untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan, karena mereka tidak dapat membaca pikiran kita. Kita perlu memberi tahu mereka apa yang diinginkan dan terbuka untuk mendengarkan pandangan dari sisi mereka juga.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Agar Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis

5. Hormati perbedaan

Tidak mungkin kita bisa menyatukan dua isi kepala yang berbeda setelah sebelumnya hidup sebagai individu yang utuh selama dua puluh hingga tiga puluh tahun. Ingat bahwa perbedaan identitas dan kepribadian, itu wajar.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipersiapan, khususnya terkait meng sebelum memutus menikah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga