6 Cara Mudah Agar Cepat Tidur, Bisa Kamu Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
6 Cara Mudah Agar Cepat Tidur, Bisa Kamu Coba
Tidur yang cukup setiap hari sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Foto: Repro Bavorndej

" Penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari karena tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan manusia dan jangan lupa berikan waktu untuk tubuh beristirahat "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur yang cukup sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika kekurangan tidur, tubuh akan lemas dan berbagai penyakit mudah menyerang.

Dikutip dari indonesiabaik.id, memenuhi jam tidur yang baik dapat menjaga kualitas kesehatan tubuh. Pada umumnya, 5 sampai 8 jam adalah waktu yang baik untuk istirahat dalam sehari.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari karena tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan manusia dan jangan lupa berikan waktu untuk tubuh beristirahat.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id dari Healthline, berikut beberapa tips agar cepat tidur:

1. Buat jadwal

Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari dapat membuat tubuh Anda tahu kapan waktu untuk tidur dan lebih cepat terlelap pada waktu-waktu tersebut. Namun, pastikan bahwa kebiasaan tersebut telah memenuhi standar waktu tidur yaitu 7 sampai 9 jam setiap malam.

Terakhir, beri waktu 30-45 menit untuk bersantai di malam hari sebelum tidur. Ini supaya tubuh Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: 7 Manfaat Melamun, Nomor 6 Tak Terduga

2. Kurangi cahaya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur. Cahaya redup di malam hari dapat meningkatkan rasa kantuk dan meminimalisir tubuh Anda tetap terjaga untuk waspada.

3. Atur jam makan

Cara selanjutnya supaya Anda cepat terlelap adalah membatasi jam makan. Usahakan untuk makan terakhir 4 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, konsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan dapat merusak kualitas istirahat malam.

4. Dengarkan musik

Musik secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur, bahkan bisa digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis, seperti insomnia. Musik jenis Buddhis menjadi salah satu yang paling ampuh mengantarkan Anda untuk tidur.

Namun, jika Anda tidak suka mendengarkan musik sebelum tidur, cukup hindari kebisingan yang mungkin datang tiba-tiba seperti dari perangkat elektronik.

5. Olahraga

Baca Juga: Tips Masak Ala Anak Kos, Resep Hemat dan Praktis

Olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan merangsang produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol, hormon pemicu stres. Untuk meningkatkan kualitas tidur, olahraga di pagi hari memberikan efek yang lebih signifikan dibanding olahraga sore.

6. Matikan perangkat elektronik

Bicara soal cara agar cepat tidur, poin ini tak kalah penting. Terlalu banyak menggunakan ponsel atau perangkat elektronik di malam hari, terbukti mengganggu upaya tidur Anda. Hal ini dikarenakan pancaran blue light yang menekan melatonin.

Penggunaan perangkat elektronik juga membuat pikiran Anda selalu aktif. Jadi, jauhkanlah ponsel atau perangkat elektronik lainnya dari jangkauan Anda di tempat tidur. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga