Ini 7 Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Begadang Nonton Bola Malam Hari

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 31 Oktober 2020
0 dilihat
Ini 7 Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Begadang Nonton Bola Malam Hari
Nonton bola di malam hati. Foto: Repro Google

" Oleh karena itu, dampak buruk dari hal tersebut adalah rasa kelelahan ketika di pagi harinya. Kelelahan ini tak lain disebabkan oleh terforsirnya fisik dan juga mental untuk bekerja atau beraktivitas melampaui waktu biasanya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur yang cukup memang sangat penting untuk kesehatan mental dan mendapatkan badan yang bugar di pagi hari.

Namun, karena beberapa keperluan, terkadang begadang kerap dilakukan, termasuk untuk nonton bola.

Pertandingan sepak bola sering kali ditayangkan lewat tengah malam, menyesuaikan waktu liga-liga Eropa.

Demi menonton langsung, para penggemar sepak bola kini rela begadang atau menyisihkan sekitar dua jam waktu tidur malamnya untuk menonton.

Oleh karena itu, dampak buruk dari hal tersebut adalah rasa kelelahan ketika di pagi harinya. Kelelahan ini tak lain disebabkan oleh terforsirnya fisik dan juga mental untuk bekerja atau beraktivitas melampaui waktu biasanya.

Agar tidak terlalu terdampak kelelahan saat terjaga semalaman, coba cek beberapa 7 tips begadang sehat yang telah dilansir dari klikdokter.com berikut:

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Anak Susah Makan

1. Cukupi jam tidur

Biasanya, durasi minimum waktu tidur orang dewasa sekitar 6 jam sehari. Itu sebabnya, pastikan untuk mencukupi waktu tidur yang “tersita” karena begadang.

Ingatlah kalau tidur adalah hak tubuh untuk beristirahat. Di lain sisi, Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apabila dalam satu hari jatah tidur “berkurang”, penuhi segera, terlebih jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan serta mengantuk.

2. Camilan dan Minuman

Asupan saat begadang juga menentukan kondisi kesehatan untuk mendukung daya tahan saat begadang. Banyak orang keliru dengan memilih rokok, kopi, makanan kemasan, atau gorengan sebagai kuliner saat begadang.

Padahal, hal itu keliru. Lebih baik, pilih minuman teh ataupun makanan rebus. Makanan tinggi gula, seperti yang ada di dalam makanan kemasan serta minuman bersoda sebaiknya dihindari. Perbanyak juga asupan cairan, yakni air putih.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga disarankan sebagai persiapan jangka panjang saat begadang. Manfaat olahraga secara rutin adalah membuat kondisi tubuh lebih berstamina daripada biasanya. Dengan demikian, Anda akan memiliki daya tahan yang lebih baik.

Baca juga: Anak Susah Makan? Anda Bisa Coba 10 Cara Ini untuk Mengatasinya

4. Perhatikan Posisi Menonton

Ketika sedang seru menonton pertandingan bola, sering kali Anda terlena dan tidak memperhatikan posisi duduk. PIlihlah kursi yang nyaman sehingga badan Anda tidak pegal setelahnya.

5. Perhatikan Jarak Menonton

Cara tetap sehat meski begadang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak menonton. Sebaiknya jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah.

6. Siapkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Saat asyik menonton bola, terkadang Anda lupa bahwa sudah berada di depan layar televisi atau gawai terlalu lama. Sebaiknya, berikan waktu istirahat sejenak untuk menghindari mata lelah dan pegal pada otot tubuh.

7. Lakukan Peregangan Otot

Jika merasa pegal setelah menonton bola, kemungkinan Anda terlalu lama berada di posisi tertentu ketika menonton televisi. Tidak ada salahnya melakukan peregangan otot ketika sedang menonton.

Selain kelelahan, risiko akibat begadang bisa memicu beragam masalah kesehatan. Antara lain, dispepsia, mag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

Kelelahan bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Tubuh pun lebih mudah terinfeksi virus atau bakteri.

Oleh karena itu, diperlukan cara tepat dan sehat guna mengantisipasi risiko kesehatan dari begadang karena nonton bola. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga