Tips dan Waktu Tepat Melakukan Hubungan Seks di Bulan Ramadan

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 29 April 2020
0 dilihat
Tips dan Waktu Tepat Melakukan Hubungan Seks di Bulan Ramadan
Suami dan istri. Foto: Repro popbela.com

" Berikut enam tips melakukan hubungan seks di bulan Ramadan. "

Dewasa ini pembahasan terkait seks sudah tidak lagi secara tertutup, bahkan dibuat seminar-seminar ilmiah secara terbuka soal hubungan seks.

Dalam Islam, hubungan seks sudah dijelaskan secara detail dan terang-terangan. Hubungan seks menjadi halal jika dilakukan oleh pasangan suami-istri, dan haram bagi pasangan yang belum menikah. Tak hanya hubungan seks di hari-hari biasa, hubungan seks di bulan Ramadan pun dibolehkan pada malam hari dan tidak boleh di siang hari. Bahkan, masalah ini sudah dijelaskan dalam Al-Quran, yakni di surat Al-Baqarah ayat 187 yang artinya:

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa".

Ayat di atas menjelaskan, bahwa suami istri hanya boleh melakukan hubungan seks di bulan Ramadan pada malam hari. Juga memuat larangan untuk melakukannya saat sedang beri’tikaf di dalam masjid.

Seperti dikutip dari laman theasianparent.com, sedikitnya ada enam tips melakukan hubungan seks di bulan Ramadan sebagaimana direkomendasikan oleh Dr. Boyke Dian Nugraha SpOG.

Dr. Boyke sendiri menyarankan untuk berhubungan intim antara pukul 3 pagi hingga jam setengah empat. Baru dilanjutkan dengan sahur dan shalat subuh. Tentunya dengan mandi junub terlebih dulu.

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Imbau Warga Kolut Beribadah di Rumah

Berikut enam tips melakukan hubungan seks di bulan Ramadan:

1. Diniatkan sebagai ibadah

Di bulan Ramadan, setiap amalan yang diniatkan sebagai ibadah akan mendapat pahala berlipat-lipat. Demikian pula dengan hubungan suami istri. Melakukan hubungan intim dengan pasangan yang halal juga akan mendapat pahala. Lipatgandakan pahalanya dengan meniatkannya sebagai ibadah dan bukan pelampiasan nafsu semata.

2. Tidak melakukannya di siang hari

Pantangan yang harus ditaati oleh umat Islam selama berpuasa ialah tidak makan dan minum serta berhubungan intim di siang hari bulan Ramadan. Agar pikiran Anda tidak melulu memikirkan seks, alihkan perhatian Anda dengan melakukan ibadah yang bisa melipatgandakan pahala puasa. Seperti membaca al-Qur’an atau melakukan salat sunnah.

3. Berusaha memahami pasangan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan. Memahami kebutuhan pasangan adalah salah satu cara mendapatkan berkah tersebut. Bila pasangan Anda sedang tidak bergairah untuk bercinta, berusahalah memahami dan jangan memaksanya.

Lakukan hal lain yang bisa membuat kalian tetap mesra tanpa harus berhubungan intim. Seperti melakukan ibadah bersama, atau sekedar mengobrol santai setelah berbuka puasa.

4. Mandi junub dengan air hangat

Setiap muslim diwajibkan mandi junub setelah melakukan hubungan suami istri, baik di bulan puasa atau bulan lainnya. Mandi junub dilakukan untuk membersihkan tubuh dari hadas besar, supaya bisa kembali melakukan ibadah seperti salat dan puasa dengan lancar.

Mandi junub dengan air hangat bisa membantu membuat tubuh segar kembali dan siap untuk beribadah lagi. Jangan lupa untuk mandi junub sebelum adzan subuh berkumandang supaya puasa Anda tidak batal.

5. Mengatur waktu yang baik

Sepakati bersama kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim. Apakah setelah berbuka puasa, setelah salat tarawih atau di waktu sahur. Saran dari para pakar di atas juga bisa dijadikan pertimbangan.

6. Makan makanan bergizi

Agar tubuh tetap fit dan stamina terjaga selama berpuasa, asupan makanan saat sahur dan berbuka juga harus diperhatikan. Makanan bergizi seimbang bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar, jangan lupa lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka puasa.

Reporter: Rahmat Thunny

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga