7 Aplikasi Android yang Paling Boros Baterai

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 03 Februari 2023
0 dilihat
7 Aplikasi Android yang Paling Boros Baterai
Pengguna handphone punya berbagai aplikasi tergantung kebutuhan dan selera penggunanya, beberapa dari aplikasi handphone ternyata menyedot baterai yang cukup banyak. Foto: Viva.co.id

" Beberapa dari aplikasi yang tersedia di Playstore atau Appstore ternyata punya daya serap baterai yang tinggi dan buat gawai anda cepat lowbatt "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang menggunakan gawai dengan kebutuhan dan selera aplikasi yang berbeda-beda. Untuk yang sibuk kerja dan belajar, aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan lainnya mungkin menjadi aplikasi yang paling sering digunakan.

Berbeda dengan kalangan anak-anak yang lebih sering menggunakan aplikasi hiburan seperti game dan Youtube dalam penggunaan gadgetnya. Beberapa dari aplikasi yang tersedia di Playstore atau Appstore ternyata punya daya serap baterai yang tinggi dan buat gawai anda cepat lowbatt.

Dikutip dari Kompas.com dan Sindonews.com, berikut beberapa aplikasi handphone yang boros baterai di android:

1. Zoom

Aplikasi yang biasa digunakan untuk panggilan video ini memang terbilang mudah untuk menguras baterai. Namun dibalik itu penggunaan aplikasi ini memang penting, seperti untuk melakukan meeting perusahaan ataupun menjalankan pendidikan berbasis daring.

2. Google Meet

Fungsinya sama seperti Zoom yang menyediakan layanan panggilan video. Sama juga dengan Zoom, Google Meet juga akan dengan cepat menguras baterai. Karena itu setiap orang yang menggunakan aplikasi panggilan video dalam jangka waktu yang lama dipastikan tidak akan jauh dari charger.

Baca Juga: Prediksi ChatGPT Bakal Kalahkan Google Search Engine

3. Instagram

Instagram Story atau IG TV saat ini menjadi fitur baru dari aplikasi milik meta yang akan menguras baterai. Kebanyakan orang yang kecanduan menonton story biasanya akan trus scrol dan scrol tanpa memperdulikan daya smartphone yang terus terkuras habis.

4. TikTok

Aplikasi yang menyediakan video video pendek ini memang terkenal membuat setiap orang kecanduan untuk menontonnya terus menerus. Tidak hanya menguras baterai, aplikasi ini juga akan menguras penyimpanan dan paket data.

5. Youtube

Aplikasi streaming video memang kerap membuat baterai cepat habis, layaknya Youtube sebagai penyedia jasa layanan video. Tidak hanya itu kini aplikasi tersebut juga telah memiliki fitur baru yakni YouTube Short yang modelnya mirip seperti TikTok dan Story.

Baca Juga: Update Harga Iphone 13 dan 14 Januari 2023, Ada yang Turun Hingga Rp 2 Juta

6. Netflix

Aplikasi yang melibatkan elemen visual didalamnya memang lebih cepat dalam menguras baterai, terlebih seperti Netflix yang menyediakan layanan streaming dimana pengguna akan menonton video dengan durasi yang cukup panjang dengan kualitas grafis terbaik.

7. Aplikasi Game Online

Game online tentunya akan menguras baterai yang lebih besar ketimbang game game offline yang tidak memerlukan sinyal. Aplikasi seperti Mobile Legend, Free Fire, PUBG, hingga Ghensin Impact, tentunya membuat para pemain tidak akan jauh jauh dari stop kontak. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga