Angkat Kaki Setelah Berhubungan Seks Bisa Bikin Cepat Hamil, Mitos atau Fakta

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 17 Juli 2023
0 dilihat
Angkat Kaki Setelah Berhubungan Seks Bisa Bikin Cepat Hamil, Mitos atau Fakta
Saat sperma masuk ke saluran serviks, sperma akan melakukan perjalanan ke saluran tuba dalam waktu kurang dari dua menit. Jadi mengangkat kaki setelah berhubungan seks tidak efektif membuat hamil. Foto: Repro Dppkbpmd-arsip.bantulkab.go.id

" Tidak ada bukti akurat bahwa mengangkat kaki setelah berhubungan seks akan meningkatkan peluang kehamilan "

KENDARI, TELISIK.ID – Banyak mitos-mitos yang berseliweran dan dipercaya dapat menjadi tips bagi pasangan suami istri untuk cepat mempunyai momongan. Salah satunya adalah perempuan mengangkat atau menempatkan kaki di atas dianggap sebagai tips cepat hamil.

Dilansir dari Haibunda.com, sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu apa itu inseminasi dan bagaimana pembuahan terjadi. Istilah inseminasi digunakan untuk proses saat sperma memasuki rahim untuk membuahi sel telur atau konsepsi.

Hal tersebut bisa terjadi dalam dua cara. Pertama, saat berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman sehingga mengakibatkan air mani masuk ke dalam vagina. Kedua adalah inseminasi buatan. yang bisa dilakukan di klinik kesuburan atau di rumah.

"Inseminasi intrauterin (juga dikenal sebagai IUI) dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan di kantor setelah ejakulasi dicuci dan dipekatkan," kata Tiffany Jones, MD., ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas, dikutip dari flo.health.

Baca Juga: Apakah Pria yang Dikebiri Tak Tertarik Berhubungan Seks? Ini Penjelasannya

Apakah mengangkat kaki bisa membantu hamil?

Melansir laman Romper, USC Fertility mengatakan bahwa tidak ada bukti akurat bahwa mengangkat kaki setelah berhubungan seks akan meningkatkan peluang kehamilan.

Sebab saat sperma masuk ke saluran serviks, sperma akan melakukan perjalanan ke saluran tuba dalam waktu kurang dari dua menit. Jadi mengangkat kaki mungkin tidak akan membuat suatu perbedaan.

Walaupun begitu, ada beberapa hal tertentu yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil, termasuk mungkin yang paling penting yaitu berhubungan seks atau IUI pada hari-hari sebelum atau hari ketika Bunda melepaskan sel telur saat ovulasi.

Baca Juga: Viral Istilah Seks Sampai Mentok, Ternyata Pertanda Hubungan Seks Buruk

Dikutip dari Suara.com, pasangan juga harus memperhatikan berbagai hal lainnya untuk bisa cepat hamil, di antaranya sebagai berikut.

1. Pasangan harus bisa mengontrol tingkat stres yang dialami. Hal ini karena tingkat stres memengaruhi kesuburan. Untuk itu, disarankan lakukan meditasi, olahraga, atau hal lainnya untuk bisa atasi stres.

2. Hindari konsumsi alkohol dan rokok berlebih. Kedua hal tersebut dapat memengaruhi kesuburan sehingga sulit hamil.

3. Pastikan konsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat dan vitamin D. Itu membantu untuk mempercepat kehamilan.

4. Buat diri sendiri selalu terhidrasi dengan baik.

5. Lacak masa kesuburan dari hitungan menstruasi.

6. Frekuensi hubungan seks juga harus ditingkatkan selama masa subur. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga