Mau Tahu Manfaat Lemon? Ini 5 Manfaat untuk Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 21 Maret 2021
0 dilihat
Mau Tahu Manfaat Lemon? Ini 5 Manfaat untuk Anak
Buah lemon. Foto: Repro madaninews.com

" Ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan anak, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga melindungi sistem pencernaannya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski lemon memiliki rasa yang masam, bukan berarti buah berbentuk bulat ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak, karena lemon juga dipercaya banyak manfaatnya.

Ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan anak, mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga melindungi sistem  pencernaannya.

Lemon terkenal sebagai sumber vitamin C dan antioksidan. Selain itu, buah yang memiliki nama latin Citrus limon ini mengandung karbohidrat, air, serat, protein, serta beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anak, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Lantas, apa saja manfaat kandungan gizi pada lemon tersebut? Dilansir dari Alodokter.com, berikut beberapa manfaat lemon untuk kesehatan anak, di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan. Dalam 100 gr lemon segar, terkandung vitamin C yang dapat memenuhi sekitar 50?ri kebutuhan harian anak.

Kedua komponen ini sangat dibutuhkan oleh tubuh anak guna memperkuat daya tahan tubuh dan melindunginya dari berbagai jenis penyakit, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

Baca juga: 9 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari Secara Rutin

2. Mencegah anemia

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan asam sitrat pada buah lemon juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi anak. Dengan begitu, lemon bisa membantu mencegah terjadinya anemia pada anak.

3. Mendukung kesehatan kulit

Kandungan nutrisi pada buah lemon mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang bertugas untuk mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

Di samping itu, kolagen juga merupakan komponen yang penting untuk mempercepat penyembuhan luka. Nah, di masa pertumbuhan ketika anak sedang aktif-aktifnya, penyembuhan luka yang lebih cepat akan sangat bermanfaat untuknya.

4. Menghidrasi tubuh

Jika anak tidak terlalu suka minum air, Anda bisa memberikan ia campuran irisan buah lemon dan air minum atau yang lebih dikenal dengan istilah infused water. Selain itu, pilihan lainnya bisa dengan mencampurkan perasan lemon dengan air putih untuk ia konsumsi.

Kehadiran lemon pada air minum anak dapat menambah sedikit rasa. Jadi, diharapkan anak jadi lebih suka minum air untuk menghidrasi tubuhnya. Agar anak lebih tertarik untuk minum, masukkan air campuran tersebut kedalam botol minum yang bentuknya lucu.

Baca juga: 21 Manfaat Bunga Telang yang Ampuh Atasi Berbagai Penyakit, Begini Cara Membuat Ramuannya

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sebuah lemon berukuran sedang mengandung sekitar 2 gr serat. Serat yang terkandung pada buah lemon adalah jenis serat larut, misalnya pektin. Kandungan serat ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan usus, memperlambat pencernaan gula dan pati, serta menurunkan risiko terjadinya sembelit.

Karena manfaatnya tersebut, lemon juga dianggap bisa mengontrol kenaikan berat badan pada anak, sehingga mencegah terjadinya obesitas.

Kandungan serat buah lemon banyak ditemukan pada bagian bulirnya. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini secara optimal, jangan buang bulir-bulir atau serat yang keluar saat memeras lemon. Cukup sisihkan biji lemon, kemudian masukkan bulir dan serat lemon bersama perasan airnya.

Kendati ada banyak manfaat lemon untuk kesehatan anak, hindari untuk memberikan anak buah lemon secara berlebihan. Karena sifatnya yang asam, lemon bisa merusak enamel gigi anak sehingga membahayakan kesehatan giginya.

Selain itu, pada sebagian anak, buah lemon bisa menyebabkan iritasi, seperti dermatitis. Bila anak mengalami gejala berupa kulit kemerahan, kering, dan perih, terutama di sekitar mulutnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga