7 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 20 Januari 2023
0 dilihat
7 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi
Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat. Foto: Repro ponpes.alhasanah.sch.id

" Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa, di antaranya akan disinari cahaya di antara dua Jumat "

KENDARI, TELISIK.ID - Surat Al Kahfi adalah surat ke-18 yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini merupakan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan pada periode Makkah. Surat ini merupakan bagian penengah antara juz 15-16. Karena ayat-ayatnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16.

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa seperti diungkapkan oleh Rasulullah SAW: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Baihaqi).

Rasulullah SAW juga bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Selain bagus untuk dibaca, surat Al Kahfi juga sangat baik untuk dihafalkan. Ayat yang paling utama untuk dihafalkan adalah 10 ayat pertama.

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari dajjal,” (HR Muslim).

Dilansir dari Orami.co.id, berikut ini keutamaan membaca Surat Al Kahfi.

1. Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

2. Petunjuk dan Bimbingan Allah

Cahaya yang dijanjikan itu tidak hanya diberikan pada hari kiamat, namun juga akan diturunkan di dunia. Yakni berupa petunjuk dan bimbingan Allah SWT. Salah satunya dengan diberi cahaya hingga Jumat berikutnya.

Baca Juga: Keutamaan Menghafal 10 Ayat Pertama dan Terakhir Surah Al Kahfi

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat,” (HR Hakim).

3. Diampuni Dosa

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat,” (HR Ibnu Umar).

4. Diberi Rasa Sakinah

Keutamaan surat Al Kahfi juga akan membuat seseorang merasa tenang secara individu, maupun merasa sakinah dalam berkeluarga.

Rasulullah SAW besabda: “Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Al-Qur'an atau turun kepada Al-Qur'an,” (HR Bukhari dan Muslim).

5. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji.

Dikutip Mui.or.id dari kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

Baca Juga: Keutamaan dan Amalan Sunnah di Hari Jumat

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya."

6. Rumahnya Tidak Dimasuki Setan

Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan.

Setan adalah musuh terbesar manusia. Membaca surah Al Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan.

Sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa:

“Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al Khafi dan surat Al Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

7. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Membaca surah Al Kahfi dapat memudahkan mendapat ridha Allah SWT, juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam HR Ahmad bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga