750 Kolam Ikan Air Tawar di Konawe Dicetak

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 02 Februari 2021
0 dilihat
750 Kolam Ikan Air Tawar di Konawe Dicetak
Penyerahan bantuan kepada pelaku usaha budidaya ikan. Foto: Ist.

" Satu paket itu ada 10 kolam. Setiap kolam ukurannya minimal 10x10 meter alias satu are. "

KONAWE, TELISIK.ID - Sektor perikanan merupakan salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah yang dipimpin Bupati dengan akronim KSK-GTS.

Sektor perikanan tersebut diimplementasikan lewat program unggulan Seribu Kolam yang dijalankan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe, Gunawan Samad mengatakan, dalam kurun waktu tahun 2020 lalu pihaknya telah mencetak 750 kolam ikan di wilayah setempat.

Ia menyebut, instansi yang dipimpinnya itu telah mengerjakan 75 paket dalam program seribu kolam ikan. Dengan kata lain kolam ikan yang sudah dicetak yakni sebanyak 750 kolam.

Baca juga: Kontrak 379 Honorer Sat Pol PP Muna Diperpanjang

"Satu paket itu ada 10 kolam. Setiap kolam ukurannya minimal 10x10 meter alias satu are," ungkapnya.

Dirinya menerangkan, penerima program cetak kolam ikan merupakan kelompok petani yang beranggotakan 10 orang. Selain itu, ada beberapa syarat dari DKP bagi kelompok petani calon penerima program tersebut, di antaranya lokasi pembuatan kolam yang memiliki sumber mata air utama.

Sementara itu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menjelaskan, selain peningkatan produktivitas beras, Pemkab juga berkeinginan meningkatkan produktivitas perikanan lewat program Seribu Kolam.

"Karena hanya aspek dasar yang ingin saya pastikan terpenuhi di masyarakat. Apakah warga sudah makan, sehat dan bersekolah. Kita makan harus pakai lauk. Lauknya itu bisa dari ikan, daging dan sebagainya," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga