518 Hektar Lahan di Muna Disiapkan Buat Rens Peternakan Sapi

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
0 dilihat
518 Hektar Lahan di Muna Disiapkan Buat Rens Peternakan Sapi
Ilustrasi lahan peternakan sapi. Foto: Repro mamujupos.com

" Bila sarana dan prasarana sudah terbangun nantinya, pengelolaan rens akan dilakukan oleh Pemkab melalui UPTD dengan melibatkan masyarakat "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menjadikan sapi sebagai komoditas unggulan. Untuk mendukung program tersebut, Pemkab melalui Dinas Peternakan (Disnak) telah menyiapkan lokasi pembangunan rens peternakan sapi.

"Lahannya sudah siap seluas 518 hektar di Desa Matarawa, Kecamatan Watoputeh," kata Kadisnak Muna, LM Yakob, Kamis (4/11/2021).

Lahan yang ada itu merupakan satu hamparan yang berstatus perhutanan sosial. Pemkab telah meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kehutanan (Dishut) Sultra terkait izin pemanfaatan.

"Lahan itu sudah kita gunakan sejak tahun 2020 untuk pembangunan gedung UPTD," sebutnya.

Baca Juga: Tahap Evaluasi, Kualifikasi dan Pembuktian Mega Proyek Jalan Lingkar Baubau Berlangsung Tegang

Baca Juga: Butuh Bantuan Menpora, Atlet Ski Air Ini Ingin Pindah Kerja ke Jatim

Sesuai rencana Bupati Muna, LM Rusman Emba, rens tersebut bukan saja dijadikan untuk lokasi peternakan sapi. Namun, juga akan dibangunkan fasilitas berupa rumah pemotongan hewan (RPH), pusat kesehatan hewan (Puskeswan) dan pengolahan daging,  sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

"Kita harapkan nantinya, sapi tidak dijual perekor, tetapi dagingnya," ujarnya.  

Bila sarana dan prasarana sudah terbangun nantinya, pengelolaan rens akan dilakukan oleh Pemkab melalui UPTD dengan melibatkan masyarakat.

Dari situ, kata dia, bisa menghasilkan sumber pendapatan bagi daerah yang dipungut melalui retribusi pemotongan dan pemeriksaan kesehatan sapi. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga