Kecamatan Betoambari Penyumbang Sampah Terbesar di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 20 Desember 2023
0 dilihat
Kecamatan Betoambari Penyumbang Sampah Terbesar di Kota Baubau
Sekretaris DLH Kota Baubau, Maaruji mengatakan Kecamatan Betoambari jadi penyumbang sampah terbesar di Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kecamatan Betoambari, menempati posisi sebagai penyumbang sampah terbesar di Kota Baubau dengan kontribusi sekitar 2 ton per hari "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kecamatan Betoambari, menempati posisi sebagai penyumbang sampah terbesar di Kota Baubau dengan kontribusi sekitar 2 ton per hari.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau, Maaruji mengungkapkan, volume persampahan di Baubau mencapai sekitar 10 ton per hari, selanjutnya dialirkan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang terletak di Wakonti.

"Sampah ini mulai dipindahkan dari jam 05:00 Wita hingga pukul 07:00 Wita. Proses persampahan melibatkan pembersihan jalan dan pengumpulan sampah di sepanjang jalan," tuturnya, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: Siap-Siap, BLK akan Hadir di Kota Baubau Tahun Depan

Berbagai sumber sampah, termasuk sampah rumah tangga, dikumpulkan mulai dari pukul 05:00 Wita hingga pukul 24:00 Wita, sehingga dapat diangkut pada waktu subuh.

Sampah plastik menjadi sorotan utama, di mana upaya daur ulangnya melibatkan transformasi menjadi pupuk, terutama dari botol plastik. DLH juga berencana untuk mengolah lebih lanjut sampah plastik.

“Penggunaan kompos dari daur ulang sampah organik, seperti sabut kelapa dan daun, juga telah dilakukan. Kompos ini dijual dan didistribusikan di TPA Wakonti, yang memiliki luas pengelolaan sekitar 8 hektare untuk sampah,” tuturnya.

Dengan peningkatan jumlah penduduk yang terus meningkat, volume sampah setiap tahunnya juga mengalami peningkatan. Hal itu menuntut adanya pembakaran sampah, daur ulang sampah, dan upaya-upaya pengelolaan sampah yang lebih efektif.

DLH Baubah mencatat, tahun lalu jumlah sampah mencapai 8 ton per hari, dan proyeksi untuk tahun 2024 menunjukkan peningkatan yang signifikan.

"Kecamatan Betoambari menjadi penyumbang terbesar sampah, mencapai sekitar 2 ton karena menjadi kecamatan terbesar yang didominasi oleh sampah rumah tangga," paparnya.

Dikutip dari Kemdikbud.go.id, adapun cara mengelola sampah di rumah dengan benar yaitu:

Baca Juga: Anak-Anak di Konawe Utara Lebih Memilih Main Gadget, Permainan Mepido di Ambang Kepunahan

1. Memilah sampah 

Terdapat 3 jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan B3. sampah organik.

2. Menerapkan 3R

3R merupakan singkatan dari reduce (mengurangi sampah), reuse (menggunakan ulang sampah) , dan recycle (daur ulang sampah).

3. Bergabung menjadi anggota bank sampah

Melalui bank sampah, masyarakat bisa menyetorkan sampah yang telah dipilah dan mendapatkan imbalan rupiah.

Dikutip dari nestle.co.id cara mudah mendaur ulang sampah plastik dari rumah anda yaitu dengan melakukan pemilahan sampah berdasarkan jenis, gunakan botol plastik untuk menyiram tanaman, jadikan rumah kaca untuk tanaman, gunakan sebagai pot bunga, memanfaatkan botol plastik sebagai wadah alat tulis, jadikan alat untuk menanam bibit. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga