8 Akibat Kekurangan Vitamin A, Dari Kulit Kering Hingga Picu Jerawat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 07 Januari 2023
0 dilihat
8 Akibat Kekurangan Vitamin A, Dari Kulit Kering Hingga Picu Jerawat
Vitamin A berperan penting dalam kesehatan mata, sistem imun, dan pertumbuhan sel. Foto: Repro google.com

" Vitamin A menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berbagai kondisi Kesehatan yang kurang baik pun akan dialami, jika seseorang kekurangan vitamin ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Vitamin A menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berbagai kondisi Kesehatan yang kurang baik pun akan dialami, jika seseorang kekurangan vitamin ini.

Dikutip dari alodokter.com, vitamin A berperan penting dalam kesehatan mata, sistem imun, dan pertumbuhan sel. Suplemen vitamin A bisa digunakan dalam pengobatan campak dan defisiensi (kekurangan) vitamin A, termasuk xerophthalmia.

Secara alami, kebutuhan vitamin A dapat dicukupi dari konsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini, seperti susu, hati sapi, keju, yoghurt, telur, buah mangga, sayur bayam, wortel, atau minyak ikan.

Vitamin A menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berbagai kondisi Kesehatan yang kurang baik pun akan dialami, jika seseorang kekurangan vitamin ini.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Agar Tubuh Bisa Langsing

Melansir kompas.com dari Healthline, berikut beberapa masalah kesehatan akibat kekurangan (defisiensi) vitamin A:

1. Kulit kering

Manfaat vitamin A salah satunya adalah untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit. Vitamin A juga berperan untuk membantu melawan peradangan karena masalah kulit tertentu.

Jadi, munculnya eksim dan masalah kulit lainnya bisa menjadi akibat kekurangan vitamin A pada tubuh Anda. Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit kering, gatal, dan meradang.

2. Mata kering

Masalah yang paling umum dari defisiensi vitamin A adalah mata kering. Mata kering atau ketidakmampuan menghasilkan air mata adalah salah satu tanda pertama kekuarangan vitamin A.

Dalam kasus ekstrem, akibat kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan total atau kornea mati, yang ditandai dengan bintik bitot.

3. Penyembuhan luka yang buruk

Luka yang tidak sembuh dengan baik setelah cedera atau pembedahan mungkin akibat kekurangan vitamin A. Ini karena vitamin A mendorong pembentukan kolagen, komponen penting dari kulit yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A oral dan topikal dapat menguatkan kulit.

4. Meningkatkan risiko rabun senja

Akibat defisiensi vitamin A yang parah dapat menyebabkan rabun senja. Beberapa penelitian observasional telah melaporkan tingginya prevelensi rabun senja di negara-negara berkembang.

5. Infertilitas

Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk membantu proses reproduksi pada pria dan wanita. Sehingga, contoh lain dari akibat kekurangan vitamin A adalah kesulitan hamil.

Defisiensi vitamin A bisa menyebabkan kemandulan pada pria maupun wanita. Studi menunjukkan bahwa tikus betina yang mengalami defisiensi vitamin A mengalami kesulitan hamil dan berisiko memiliki embrio cacat lahir.

Defisiensi vitamin A juga terkait dengan keguguran. Studi yang menganalisis kadar nutrisi berbeda dalam darah pada wanita yang mengalami keguguran berulang menemukan bahwa mereka memiliki kadar vitamin A yang rendah.

6. Pertumbuhan tertunda

Vitamin A bermanfaat untuk perkembangan tubuh manusia yang tepat. Sehingga, anak-anak bisa mengalami pertumbuhan yang terhambat sebagai akibat kekurangan vitamin A.

Sebuah penelitian dilakukan pada lebih dari 1.000 anak di Indonesia yang mengalami defisiensi vitamin A dan diberi suplemen vitamin A dosisi tinggi selama 4 bulan. Hasilnya, mereka tumbuh 0,39 cm lebih tinggi dari pada anak-anak yang mengkonsumsi plasebo.

7. Infeksi tenggorokan dan dada

Infeksi yang sering terjadi terutama di tenggorokan atau dada Anda bisa menjadi tanda kekuarangan vitamin A. Suplemen vitamin A dapat membantu mengatasi infeksi sasluran pernapasan, tetappi hasil pnelitian beragam.

Baca Juga: 21 Jenis Layanan dan Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

Tinjauan studi pada anak-anak menemukan bahwa suplemen vitamin A dapat mengurangi risiko infeksi tenggorokan dan dada sebesar 8 persen.

Sebuah penelitian pada orang lanjut usia menunjukkan bahwa kadar beta-karoten karotenoid provitamin A dalam darah yang tinggi dapat melindungi dari infeksi pernapasan.

8. Memicu jerawat

Manfaat vitamin A untuk meningkatkan perkembangan kulit dan melawan peradangan. Akibat defisiensi vitamin A lainnya adalah membuat kulit mudah berjerawat. Berbagai penelitian telah mengaitkan kadar vitamin A yang rendah dengan kulit berjerawat.

Nah, itulah beberapa dampak buruk bagi Kesehatan ketika tubuh kekurangan Vitamin A. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga