Ini Efek Samping Konsumsi Es Saat Berbuka Puasa

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
Ini Efek Samping Konsumsi Es Saat Berbuka Puasa
Ini beberapa efek samping konsumsi es saat berbuka puasa. Foto: Repro Grid.Id

" Rasanya tak asing lagi berbuka puasa tanpa minum es. Tapi tahukah bahwa jika minum es saat berbuka puasa ternyata memiliki beberapa efek samping yang kurang baik bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasanya tak asing lagi berbuka puasa tanpa minum es. Tapi tahukah bahwa jika minum es saat berbuka puasa ternyata memiliki beberapa efek samping yang kurang baik bagi kesehatan.

Di bulan Ramadan, berbuka puasa dengan minum es memang sudah menjadi sebuah kebiasaan. Tak heran jika beragam varian es khususnya es teh dan es buah tidak pernah absen dari daftar menu buka puasa.

Dikutip dari Halodoc.com, beberapa efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi es saat berbuka puasa diantaranya:

- Mengganggu Proses Pencernaan

Saat berpuasa, sistem pencernaan kamu melambat dan membutuhkan waktu untuk memulai kembali. Minum es saat berbuka puasa dapat mengganggu proses pencernaan karena suhu dingin dapat menghambat aktivitas enzim dan asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, diare, dan kembung.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini Saat Berpuasa

- Menyebabkan Sensasi Sakit

Saat minum es yang sangat dingin, es dapat menyebabkan sensasi sakit pada gigi, tenggorokan, dan perut. Hal ini dapat membuat kamu merasa tidak nyaman saat berbuka puasa dan bahkan dapat memicu sakit gigi atau sakit tenggorokan.

- Memicu Penyakit Tertentu

Minum es saat berbuka puasa dapat memicu kondisi medis tertentu seperti sakit kepala, migrain, dan sakit perut. Hal ini karena suhu dingin dapat mempengaruhi aliran darah ke otak dan lambung, yang dapat memicu reaksi negatif dalam tubuh.

- Menyebabkan Kembung

Minum es saat berbuka puasa dapat menyebabkan kembung karena suhu dingin dapat membuat otot-otot perut mengencang dan mengalami kontraksi. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan kembung dan nyeri perut.

- Meningkatkan Risiko Infeksi

Minum es yang tidak higienis dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Bakteri dan kuman dapat hidup dan berkembang biak dalam es yang tidak bersih, terutama jika es dibuat dari air yang tidak steril.

- Menyebabkan permasalahan gigi dan mulut

Mengonsumsi banyak es dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan keretakan pada gigi. Apabila terus dibiarkan, dapat permasalahan terhadap suhu dan nyeri mulut. Orang yang terus mengunyah es mungkin memerlukan perawatan gigi untuk gigi berlubang, termasuk mengganti tambalan yang hilang.

Baca Juga: Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Saat Berpuasa

Juga dilansir rsprespira.jogjaprov.go.id, alih alih minum air es, disarankan untuk berbuka puasa dengan air hangat atau air biasa dengan suhu ruang saat berbuka puasa. Air hangat memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Pertama, air hangat bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Selain itu air hangat lebih cepat mengembalikan suhu tubuh sehingga tidak memperlambat kinerja lambung.

Minum air hangat saat berbuka juga bisa membantu mengembalikan energi saat seharian berpuasa. Apalagi jika ditambah dengan makanan manis seperti kurma yang bermanfaat untuk menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh setelah seharian tidak mendapatkan asupan makanan.

Namun ingat, jangan berlebihan. Dan ada baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan manis dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka karena justru bisa membantu menyegarkan tubuh.

Penulis: Febry Jahra Lestini

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga