Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Asam Urat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Asam Urat
Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan, jus lemon dan ekstraknya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Foto: Klikdokter.com

" Kadar asam urat dalam darah perlu dijaga. Jika tak dikontrol, kadar asam urat yang tinggi bisa memicu peradangan pada persendian "

KENDARI, TELISIK.ID - Kadar asam urat dalam darah perlu dijaga. Jika tak dikontrol, kadar asam urat yang tinggi bisa memicu peradangan pada persendian.

Kadar asam urat yang normal berada pada angka 7mg/dL. Jika lebih dari itu, maka Anda perlu berusaha untuk menurunkannya.

Berikut minuman yang bisa bantu Anda turunkan asam urat dikutip dari Cnnindonesia.com dan kompas.com:

1.  Teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan manfaat kesehatan, termasuk di antaranya untuk mengelola kadar asam urat. Konsumsi teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik Cegah Obesitas

Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau juga membantu mengatasi peradangan akibat asam urat tinggi.

2. Susu rendah lemak atau skim

Segelas susu rendah lemak atau susu skim bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

3. Jus mentimun

Mentimun bisa menjadi pilihan tepat untuk mengelola kadar asam urat. Mentimun sudah terbukti mengandung kadar air yang tinggi, potasium dan fosfor yang membantu proses detoksifikasi ginjal.

Baca Juga: Meski Capek, Ini Segudang Manfaat Seks Setiap Hari

4. Jus wortel

Minum segelas jus wortel juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Senyawa antioksidan, vitamin A, serat, beta karoten, dan mineral pada wortel membantu mengurangi kerusakan akibat peningkatan kadar asam urat.

5. Air lemon

Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa jus lemon dan ekstraknya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Pada penelitian ini, orang dewasa dengan kadar asam urat tingi diminta meminum jus lemon setiap hari selama enam pekan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga