5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Agar Tubuh Bisa Langsing

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 05 Januari 2023
0 dilihat
5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Agar Tubuh Bisa Langsing
Banyak orang beranggapan bahwa memiliki tubuh yang langsing adalah cara untuk menjadi sehat. Foto: Repro google.com

" Memiliki tubuh yang langsing alias ideal menjadi keinginan setiap orang. Namun untuk mewujudkan, kita harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu berat badan naik "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki tubuh yang langsing alias ideal menjadi keinginan setiap orang. Namun untuk mewujudkan, kita harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu berat badan naik.

Dikutip dari halodoc.com, memiliki tubuh yang langsing bukan lagi sekadar demi penampilan, tapi juga kesehatan. Banyak orang beranggapan bahwa memiliki tubuh yang langsing adalah cara untuk menjadi sehat.

Sementara memiliki berat badan berlebih memang bisa membuat seseorang berisiko mengalami berbagai macam penyakit.

Untuk mewujudkan tubuh yang langsing, kita harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu berat badan naik.

Baca Juga: 21 Jenis Layanan dan Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika ingin punya badan langsing:

1. Es krim

Es krim sering masuk dalam daftar makanan paling "adiktif". Studi menunjukkan bahwa suguhan krim menerangi area otak yang memicu rasa nyaman, sehingga menjadikan makanan ini terasa menenangkan.

Semakin sering makan es krim, Anda akan semakin besar mendambakan makanan ini. Padahal, perpaduan gula dan lemak dalam es krim ini bisa memicu kenaikan berat badan.

2. Donat

Donat kaya akan tepung halus, rendah serat dan tambahan gula. Proses pembuatannya yang digoreng membuat makanan ini tinggi kalori.

Selain itu, mengonsumsi donat saat sarapan juga bisa meningkatkan hormon rasa lapar.

Donat dan kopi dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat olahan lainnya dan makanan berkalori tinggi hingga sore hari.

3. Produk olahan daging dan unggas

Jika Anda menyukai produk daging atau unggas olahan seperti sosis, kornet, atau nugget, sebaiknya Anda mulai menghindarinya.

Satu studi yang dipublikasikan di BMC Research Notes menemukan bahwa asupan daging olahan berkorelasi langsung dengan peningkatan lemak perut dan obesitas sentral.

Orang yang mengonsumsi banyak makan daging olahan mengalami peningkatan risiko obesitas sentral sebesar 22 persen dibandingkan mereka yang paling sedikit mengonsumsi daging olahan.

Jika Anda ingin punya badan langsing di tahun 2023, sebaiknya batasi konsumsi daging dan unggas olahan dan memilih potongan daging dan unggas yang lebih segar agar membantu Anda tetap pada batas harian yang direkomendasikan untuk kalori, lemak jenuh, dan natrium.

4. Minuman manis

Penelitian mengungkapkan bahwa meminum minuman manis seperti soda atau minuman berenergi dapat meningkatkan peluang Anda untuk menambah berat badan.

Riset dalam Nature Review Endocrinology menunjukkan bahwa minuman manis dikaitkan dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis.

Baca Juga: Waspada 5 Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil

5. Makanan berbahan dasar kentang goreng

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan di New England Journal of Medicine melaporkan,  wanita paruh baya yang mengonsumsi terlalu banyak keripik kentang (dan produk kentang olahan lainnya) mengalami penambahan berat badan yang signifikan.

Riset yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan, orang yang sering mengonsumsi kentang goreng, termasuk keripik kentang, berisiko lebih tinggi terkena diabetes, penyakit penyerta lainnya, dan bahkan kematian dini.

Kentang goreng dan produk olahannya mengandung banyak kalori. Mengonsumsi makanan tersebut bisa meningkatkan lemak tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk memiliki tubuh langsing. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga