8 Cara Menyikapi Diri Sendiri Ketika Down, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
8 Cara Menyikapi Diri Sendiri Ketika Down, Jangan Lupa Baca Doa Ini
Ketika sedang down, kamu bisa menyikapinya dengan cara berdoa. Foto: Repro kejarmimpi.id

" Jika kita terus larut dalam perasaan down dan tidak berusaha untuk keluar, kita justru akan terus menerus merasa terpuruk dan menjalani hidup dengan perasaan yang berat "

KENDARI, TELISIK.ID -  Dalam hidup terkadang kita dihadapkan dengan beberapa hal yang membuat kita senang, kecewa bahkan sedih. Ketika sedang bersedih, seseorang cenderung menutup dirinya dari beberapa hal seperti menjadi lebih pendiam, dan tak sedikit dari mereka stres bahkan down dengan keadaan yang sedang dihadapi.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah kita harus bisa mendukung dan menghibur diri sendiri. Jika kita terus terlarut dalam perasaan down dan tidak berusaha untuk keluar, kita justru akan terus menerus merasa terpuruk dan menjalani hidup dengan perasaan yang berat.

Dilansir dari kejarmimpi.id, menurut peneliti dan pengajar psikologi dari University of Greenwich, London, Dr. Oliver Robinson, ada empat fase dalam QLC. Pertama, perasaan terjebak dalam sebuah situasi entah itu pekerjaan, hubungan atau hal lainnya.

Kedua, harapan bahwa akan muncul sebuah perubahan dalam hidup. Ketiga, mulai membangun kembali hidup yang baru. Keempat, mengukuhkan komitmen seputar aspirasi, motivasi dan tujuan.

Melansir dari yoursay.suara.com jaringan Telisik.id, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bersikap baik terhadap diri sendiri terutama ketika sedang berada pada kondisi down.

1. Berbicara hal-hal baik pada diri sendiri

Sikap menenangkan diri sendiri seperti menarik napas panjang, mengatakan bahwa semua akan baik-baik saja, dan berusaha menerima diri sendiri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat diri kita merasa lebih baik. Jangan membiarkan pikiran buruk terus menguasai otak dan perasaan kita.

2. Hidup tak ada yang sempurna

Ketika dihadapkan pada perasaan rendah diri dan kegagalan, kita seringkali merasa bahwa diri kita ini terlalu jauh tertinggal dari orang lain. Satu hal yang harus kita sadari, pada dasarnya tidak ada satu pun kehidupan di dunia ini yang sempurna. Jadi, cobalah untuk menerima apa yang terjadi sekarang dan maafkan diri sendiri.

3. Melatih rasa syukur

Cara lainnya agar kita bisa bersikap baik pada diri sendiri adalah dengan melatih untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan hal yang berhasil kita raih. Kita akan semakin merasa kuat jika bisa mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekeliling kita. Energi positif yang dirasakan ketika bersyukur akan membuat kita merasa lebih baik.

Baca Juga: Imbas Konflik Rusia dan Ukraina, Jokowi: Harga Mie di Indonesia Bisa Naik

4. Lakukan hal yang kita minati

Jika kita sedang merasa tidak baik-baik saja dan perlu bersikap baik kepada diri sendiri, kita bisa melakukan hal-hal yang kita minati tetapi tidak bisa kita laksanakan selama ini karena terkendala waktu. Misalnya, membaca buku, mendengarkan musik, menanam bunga. Hal-hal sederhana ini dapat kita jadikan pilihan ketika ingin berbuat baik kepada diri sendiri.

5. Lakukan kebaikan pada orang lain

Ketika kita menyakiti orang lain, tanpa sadar kita juga telah menyakiti diri sendiri. Begitu pula sebaiknya. Jika kita ingin berbuat baik kepada orang lain, secara otomatis kita juga telah berbuat baik kepada diri sendiri. Hal ini bukan berarti kita harus terus-menerus membantu orang lain sampai lupa pada diri sendiri. Berbuat baik tidak selalu harus melakukan sesuatu yang besar, bisa sesederhana memberi senyum dan bertukar sapa.

6. Cari sesuatu yang lucu

Melansir dari IDNTimes.com, cara lain yang bisa kamu coba mengurangi down-mu adalah dengan tertawa. Tentu saja, kamu tidak boleh tertawa tanpa alasan, bisa-bisa orang di sekelilingmu ketakutan. Sebagai gantinya, kamu bisa mencari hal-hal lucu untuk ditertawakan.

Bisa dengan membuka YouTube dan menonton video komedi. Atau bisa juga membaca meme-meme yang bertebaran di media sosial. Secara ilmiah, tertawa akan mengaktifkan hormon endorfin. Hormon ini dikenal juga sebagai obat penghilang rasa sakit alami yang dimiliki tubuh. Dengan tertawa, mood kamu yang berantakan sedikit demi sedikit akan jadi lebih baik.

Selain itu, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari perasaan galau. Salah satunya adalah memohon pertolongan Allah SWT dengan mengamalkan doa agar hati tenang.

7. Baca kisah inspiratif

Kamu juga bisa mengurangi down-mu dengan membaca buku. Tentunya buku yang kamu baca kisah inspiratif ya. Selain bisa menambah semangat, lewat buku itu kamu juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Menjadi lebih semangat dan tentunya mengurangi rasa down-mu. Siapa tahu besok lusa kamu termasuk salah satu orang yang bisa menginspirasi orang lain lewat kisah hidupmu.

8. Temukan motivasi

Mengutip dari kejarmimpi.id, motivasi bisa didapat dari mana saja, baik dari teman, buku, film maupun bergabung di komunitas. Dengan berkumpul bersama teman-teman yang positif dan punya semangat serta jiwa sosial, kamu akan terpacu untuk maju dan tidak terpuruk dalam krisis emosi di fase Quarter Life Crisis kamu.

Mengutip dari merdeka.com, bacaan-bacaan doa agar hati tenang yang bisa diamalkan.

1. Doa agar hati tenang

Tenangkan dirimu dengan membaca doa untuk menghindarkan diri dari perasaan cemas, berikut doanya:

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

2. Doa agar hati tenang (QS Al-Baqarah 250)

Berikutnya ada doa agar hati tenang yang diambil dari QS. Al Baqarah ayat 250. Doa ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

Baca Juga: Ukraina Bantah Pesan Damai Zelensky ke Putin Lewat Jokowi

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

3. Doa agar hati tenang (QS At-Thaha 25-28)

Kamu juga bisa mengamalkan bacaan doa Nabi Musa AS saat menghadapi Fir'aun.

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

4. Doa agar hati tenang (Hadis Imam Thabrani)

Hadis Nabi Muhammad SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, "Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.'"

Dengan demikian, Anda bisa membaca doa agar hati tenang sebagai berikut.

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu." (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga