Catat, Ini 5 Cara Diet Efektif untuk Mengawali Tahun Baru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
Catat, Ini 5 Cara Diet Efektif untuk Mengawali Tahun Baru
Diet bertujuan salah satunya untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Foto: Repro realfood.co.id

" Dalam mengawali tahun baru, sebagian orang menlakukan resolusi atau membuat target dan kebisaan baru untuk menjadi lebih baik. Salah satunya adalah kebiasaan yang dapat menurunkan berat badan bagi yang ingin diet "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam mengawali tahun baru, sebagian orang menlakukan resolusi atau membuat target dan kebisaan baru untuk menjadi lebih baik. Salah satunya adalah kebiasaan yang dapat menurunkan berat badan bagi yang ingin diet.

Pada dasarnya, dikutip dari halodoc.com, diet merupakan pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Meski begitu, tidak semua diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, beberapa orang melakukan diet atas dasar anjuran dokter karena mengidap penyakit tertentu yang memaksanya untuk mengatur segala nutrisi yang akan masuk ke tubuhnya.

Dalam mengawali tahun baru ini, banyak cara yang efektif untuk menurunkan berat badan atau melakukan diet.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Agar Lebih Produktif di Tahun Baru

Melasnir cnnindonesia.com dari Healthline, berikut beberapa cara efektif untuk menurunkan berat badan alias diet untuk mengawali tahun baru:

1. Mulai olahraga ringan secara rutin

Pembakaran lemak dalam tubuh kurang efektif jika tidak dibantu dengan olahraga, setidaknya bisa mulai olahraga perlahan agar proses metabolisme tubuh bekerja maksimal.

Misalnya rutin berjalan kaki tanpa berhenti selama 10-20 menit untuk tahap awal, perbanyak aktivitas fisik di rumah seperti berkebun, bersih-bersih, atau turun naik tangga.

Apabila tubuh sudah mulai terbiasa bergerak, bisa menaikkan level olahraga jadi seminggu lima kali dan sesi per harinya sekitar 15-20 menit boleh lebih.

Semakin Anda terbiasa untuk banyak bergerak, tubuh akan otomatis terasa lebih ringan saat berolahraga. Di tahap lanjutan tidak ada salahnya mencoba olahraga intensitas tinggi.

2. Konsumsi sayuran, protein, dan lemak sehat

Diet murah tetapi efektif sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyeimbangkan isi piring makanan dengan asupan tinggi protein, lemak sehat, dan sayuran kaya serat.

Untuk mendapat nutrisi protein hewani dan nabati bisa mengonsumsi telur rebus, daging sapi atau ayam tanpa lemak, sup ikan, polong-polongan, serta quinoa.

Lemak sehat bisa diperoleh dari buah alpukat, telur ikan, kacang-kacangan, cokelat hitam, minyak zaitun murni. Sayurannya ada kol, jagung rebus, brokoli, bayam, tomat, kubis, selada, timun, paprika, kale dan banyak lagi. Sayuran ini berserat tinggi dan dianggap karbohidrat kompleks.

3. Banyak minum

Jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan cairan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih yang nol kalori.

4. Membatasi asupan karbo

Cara diet murah dan efektif selanjutnya yaitu membatasi asupan karbo berlebihan. Anda tetap boleh makan nasi sebagai sumber penghasil energi tapi porsinya dikurangi. Bisa juga mengganti jenis nasi putih ke nasi merah, nasi cokelat, nasi jagung, beras porang, ubi jalar, singkong, hingga shirataki.

Selama diet, Anda juga perlu menghindari karbohidrat sederhana yang tinggi gula dan kalori seperti kue kering, gorengan, roti putih, soda, permen, jus kemasan, makanan olahan dan kalengan.

Menurut hasil studi, diet rendah karbohidrat dinilai efektif membantu menurunkan berat badan, menekan nafsu makan, sekaligus menurunkan kadar insulin.

Baca Juga: 4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

5. Tidur cukup

Selama menjalani diet pastikan mendapat istirahat cukup, karena tidur ini termasuk cara sederhana yang punya pengaruh terhadap pembakaran kalori tubuh. Dengan tidur cukup hal ini bisa mencegah peningkatan asupan kalori sehingga terhindar dari rasa ingin makan.

Idealnya pria dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari, sedangkan pada pria yang masih remaja yaitu 8-9 jam per hari. Sementara wanita dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam per hari, dan wanita usia remaja 8-10 jam per hari.

Selama mengikuti pola diet ini pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat, fit, dan tidak sedang sakit. Jangan lupa menimbang berat badan awal terlebih dahulu, ukur lingkar pinggang, lengan, paha, sebagai bahan evaluasi ke depan, apakah hasil dietnya berhasil atau tidak.

Nah, itulah beberapa cara efektif untuk menurunkan berat badan alias diet untuk mengawali tahun baru ini. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga