3 Obat Alami Bantu Atasi Gusi Bengkak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Mei 2024
0 dilihat
3 Obat Alami Bantu Atasi Gusi Bengkak
Gusi bengkak dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan alami tertentu. Foto: Repro Shutterstock

" Gusi bengkak menjadi hal yang seringkali dialami seseorang. Banyak cara yang dapat diatasi Masalah kesehatan bagian mulut ini dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya dengan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Gusi bengkak menjadi hal yang seringkali dialami seseorang. Banyak cara yang dapat diatasi Masalah kesehatan bagian mulut ini dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya dengan bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, gusi bengkak merupakan kondisi ketika gusi menonjol, memerah, nyeri, dan mudah berdarah.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat penyakit di gigi atau gusi, tetapi bisa juga disebabkan oleh kondisi lain. Gusi bengkak merupakan masalah yang cukup umum terjadi dan mudah untuk ditangani.

Masalah kesehatan bagian mulut ini dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya dengan bahan alami.

Lantas, apa saja bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak?

Baca Juga: 9 Obat Alami Atasi Sakit Gigi

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak:

1. Kunyit

Bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat dalam mengatasi gusi bengkak adalah kunyit.

Mengutip dari laman halodoc.com, kandungan senyawa anti oksidan yang terdapat pada kunyit bisa membantu menyembuhkan peradangan pada gusi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus beberapa biji kunyit yang telah dikupas dan dipotong-potong. Setelah itu, berkumurlah dengan air rebusan kunyit tersebut selama 2-4 menit.

2. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Bahan alami kedua yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat dalam mengatasi gusi bengkak adalah air rebusan daun jambu biji.

Sudah dari dulu, daun jambu biji sudah dipercaya dapat menjadi orang herbal yang berguna dlama mengatasi macam penyakit. 

Untuk membuat rebusan daun jambu biji ini caranya cukup mudah. Yaitu dengan merebus 2-3 helai daun jambu biji segar ke dalam 3 gelar air putih.

Setelah itu, rebus larutan tersebut hingga tersisa sekitar 1 gelas air. Kumur-kumur dengan larutan tersebut setidaknya 1-2 kali sehari untuk mengatasi peradangan pada gusi.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ini Kerap Dialami Buruh

3. Air Garam

Bahan alami ketiga yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat dalam mengatasi gusi bengkak adalah air garam.

Melansir dari artikel berjudul “Home Remedies for Swollen Gums”, kandungan senyawa anti bakteri pada garam bersodium diyakini ampuh untuk menangani gusi bengkak, khususnya yang diakibatkan oleh tumpukan bakteri sisa makanan yang tidak terbersihkan dengan baik.

Untuk mengambil manfaat dari bahan alami ini, caranya cukup mudah. Yaitu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan garam ke dalam segelas air putih hangat atau sekitar 250 ml air hangat.

Setelah itu, aduk hingga larutan tersebut tercampur. Kemudian, kumur-kumur dengan menggunkan larutan tersebut selama kurang lebih 3-5 menit. Lakukan cara tersebut setidaknya 2-3 kali sehari.

Nah, itulah beberapa cara alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gusi bengkak. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga